PERANAN GURU PKn DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI PATRIOTISME KEPADA SISWA MTs. DARUL MA’ARIF PRINGAPUS KABUPATEN SEMARANG

Abdul, Karim and PRA, SUSILOWATI (2014) PERANAN GURU PKn DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI PATRIOTISME KEPADA SISWA MTs. DARUL MA’ARIF PRINGAPUS KABUPATEN SEMARANG. Other thesis, UNDARIS.

[img] Text
DAFTAR ISI PERANAN GURU PKn DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI.Image.Marked.pdf

Download (340kB)
[img] Text
PERANAN GURU PKn DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI.Image.Marked.pdf

Download (360kB)

Abstract

Pendidikan Kewarganegaraan berfungsi sebagai pembentuk warga negara yang memahami dan mampu melaksanakan hak-hak dan kewajibannya untuk menjadi warga negara Indonesia yang cerdas, terampil dan berkarakter yang diamanatkan oleh Pancasila dan UUD 1945. Mata pelajaran PKn ini dimaksudkan untuk membentuk peserta didik menjadi manusia yang memiliki rasa kebangsaan dan cinta tanah air. Guru PKn telah berupaya berperan menanamkan nilai-nilai patriotisme namun masih ada siswa yang kurang memperhatikan nilai-nilai patriotisme. Rumusan masalah dalam penelitian adalah bagaimana peranan guru PKn dalam menanamkan nilai-nilai patriotisme kepada siswa MTs. Darul Ma’arif Pringapus Kabupaten Semarang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan guru PKn dalam menanamkan nilai-nilai patriotisme kepada siswa MTs. Darul Ma’arif Pringapus Kabupaten Semarang. Penelitian deskriptif ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian ini adalah di MTs. Darul Ma’arif Pringapus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi dan wawancara. Satuan analisis dan satuan pengamatan adalah peranan guru PKn dalam menanamkan nilai-nilai patriotisme kepada siswa MTs. Darul Ma’arif Pringapus. Sumber informasi dari penelitian ini diperoleh hasil wawancara dari seorang kepala sekolah, seorang guru PKn, enam siswa perwakilan dari tiga siswa kelas VII dan tiga siswa kelas VIII. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru PKn dalam penanaman nilai patriotisme kepada siswa yang telah diterapkan yaitu : menumbuhkan sikap dan tingkah laku anak didik dengan melakukan perannya : (a) sebagai fasilitator; (b) sebagai pembimbing; c) sebagai penyedia lingkungan; (d) sebagai komunikator; (e) sebagai model yang mampu memberikan contoh yang baik kepada siswanya agar berperilaku yang baik; (f) sebagai evaluator; (g) sebagai innovator; (h) sebagai agen moral politik; (i) sebagai agen kognitif; dan (j) sebagai manajer. Melalui peran di atas, guru PKn telah mampu membimbing siswa MTs. Darul Ma’arif Pringapus dalam mewujudkan nilai-nilai patriotisme, diantaranya adalah : (a) sikap bangga terhadap bangsa dan negaranya; (b) kerelaan berkorban dalam rangka membela tanah air dan bangsanya; (c) kesetiaan kepada tanah air dan bangsanya; (d) mengutamakan persatuan dan kesatuan. Saran yang diajukan peneliti adalah kepala sekolah diharapkan bias meningkatkan ketertiban dan kedisiplinan peserta didik disekolah terutama pada saat kegiatan upacara seluruh peserta didik laki-laki memakai topi dan tidak ada yang datang terlambat. Guru mata pelajaran PKn hendaknya bisa meningkatkan kegiatan-kegiatan yang mengarah kepada pembentukan sikap patriotisme peserta didik melalui kegiatan pramuka, PMR dan kegiatan bhakti sosial di lingkungan sekolah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Kependidikan > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Drs., MH. Abdul Karim
Date Deposited: 03 Jul 2019 07:42
Last Modified: 03 Jul 2019 07:42
URI: http://repository.undaris.ac.id/id/eprint/31

Actions (login required)

View Item View Item