ARIFATUS, SHOFIYAH (2023) PELAKSANAAN PEMENUHAN HAK PELAYANAN BAGI PESERTA BPJS (STUDI DIPUSKESMAS GUNUNG PATI KOTA SEMARANG). Undergraduate (Sarjana S1) thesis, UNDARIS.
Text
6. Arifatus Shofiyah 19110035.pdf Download (12MB) |
Abstract
ABSTRAK Kesehatan merupakan hak setiap manusia tanpa memandang status dan kesehatan merupakan salah satu hak asasi manusia yang dimiliki oleh setiap manusia. Untuk itu pemerintah Negara Indonesia membentuk lembaga yaitu BPJS Kesehatan yang bertugas untuk menjamin kesehatan masyarakat. namun dalam pelaksanaan program BPJS tersebut masih terdapat berbagai kendala maupun hambatan dalam melaksanakan pelayanan kesehatan bagi pasien peserta BPJS Kesehatan.Untuk itu penulis tertarik untuk melakukan penelitian secara langsung di Puskesmas Gunungpati Kota Semarang. Rumusan masalah sebagai berikut : (1) Bagaimana pemenuhan hak pelayanan kesehatan peserta BPJS di Puskesmas Gunungpati Kota Semarang. dan (2) Apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi pemenuhan hak pelayanan kesehatan peserta BPJS di Puskesmas Gunungpati Kota Semarang. Metode pendekatan yang digunakan untuk penelitian penulisan hukum ini adalah metode pendekatan secara yuridis sosiologis. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian empiris. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer, sekunder dan tersier. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Setelah memiliki data yang dirasa cukup, maka penulis menganalisis dengan cara kualitatif. Puskesmas Gunungpati sudah melakukan kewajiban sebagai fasilitas kesehatan terhadap pasien peserta BPJS. Seperti, Pemberian pelayanan sudah sesuai Standar Operasional yang berlaku.Kenyamanan pelayanan yang sudah baik walaupun masih terdapat kesalahan yang bersifat hal teknis, dan Ketersediaan pelayanan dirasa sudah memenenuhi dan sudah baik. Hal tersebut dibuktikan sarana dan prasarana yang ada di Puskesmas Gunungpati Kota Semarang sudah cukup baik dan sesuai dengan fungsinya. Pemenuhan hak pasien BPJS di Puskesmas Gunungpati Kota Semarang merupakan hal yang penting. Untuk itu terdapat faktor-faktor yang mempengaruhi pemenuhan, mulai dari Faktor yang mempengaruhi pelayanan meliputi ketersediaan ruangan, faktor kedisiplinan, faktor sarana dan prasarana, dan Faktor kemampuan dan keterampilan adalah faktor yang terakhir dalam pemenuhan hak terhadap pasien. Kata Kunci : Pelayanan, Pasien, Kesehatan,Peserta, BPJS
Item Type: | Thesis (Undergraduate (Sarjana S1)) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | Fakultas Hukum > S1 Ilmu Hukum |
Depositing User: | ISYA YULISTIAWAN isyayulistiawan777@gmail.com |
Date Deposited: | 20 Oct 2023 07:52 |
Last Modified: | 20 Oct 2023 07:52 |
URI: | http://repository.undaris.ac.id/id/eprint/962 |
Actions (login required)
View Item |