Sari, Fatmawati (2023) STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHAFAL AL-QURAN HADIST SISWA KELAS V DI MI AL-ISLAM BANJARETNO TAHUN AJARAN 2022/. Undergraduate (Sarjana S1) thesis, UNDARIS.
Text
28. SARI FATMAWATI.pdf Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK Sari Fatmawati.Strategi Guru Dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Al-Quran Hadist Siswa Kelas V Di MI Al-Islam Banjaretno Tahun Ajaran 2022/2023. Skripsi. Ungaran. Prodi Pendidikan Agama Islam FAI UNDARIS, 2023. Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) Untuk mengetahui strategi guru dalam meningkatkan kemampuan menghafal Al-Qur’an Hadits kelas V MI Al-Islam Banjaretno; (2) Untuk mengetahui faktor penghambat dan faktor pendukung pelaksaan guru dalam meningkatkan kemampuan menghafal Al-Qur’an Hadits kelas V MI Al-Islam Banjaretno; (3) Untuk mengetahui solusi guru dalam memecahkan hambatan siswa siswi untuk menghafal Al-Qur’an Hadits kelas V MI Al-Islam Banjaretno. Penelitian ini adalah penelitian yang bersifat kualtitatif deskriptif, yaitu suatu penelitian dilakukan dilapangan dengan mengumpulkan data untuk memahami fenomena sosial dalam pandangan perilakunya. Sumber data penelitian adalah guru Al-Qur’an Hadist dan siswa. Lokasi penelitian di MI Al�Islam Banjaretno. Pengumpulan data melalui obsevasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis datanya dengan cara mereduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : (1) strategi yang gunakan guru dalam meningkatkan kemampuan menghafal siswa ada 4 metode yaitu metode wahdah, metode kitabah, metode jama’ dan metode talaqqi, namun metode yang paling sering digunakan dan disukai siswa yaitu metode kitabah dan metode wahdah, ada juga yang lebih suka individu; (2) Faktor pendukung dan faktor penghambat yang guru temukan dalam pelaksanaan hafalan. Adapun faktor pendukung dalam meningkatkan yaitu guru memberikan motivasi kepada siswa, adanya interaksi antar guru dan siswa, semangat siswa dalam menghafal sedangkan faktor penghambat dalam meningkatkan hafalan adalah masih ada siswa yang tidak memanfaatkan waktu dengan baik, masih ada siswa yang bermain main dan ribut dengan teman sekelasnya, sehingga banyak siswa yang konsentrasinya terganggu; (3) Solusi guru Al-Qur’an Hadist dalam memecahkan hambatan siswa dalam menghafal adalah memberikan pendekatan terhadap siswa, memberikan reward agar menumbuhkan semangat siswa, memberikan teguran hingga hukuman kepada siswa yang bermain, bergurau karena dapat mengganggu konsentrasi siswa yang sedang fokus menghafal maupun belajar. Kata kunci : strategi guru, hafalan Al-Quran Hadis
Item Type: | Thesis (Undergraduate (Sarjana S1)) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | ISYA YULISTIAWAN isyayulistiawan777@gmail.com |
Date Deposited: | 20 Oct 2023 06:54 |
Last Modified: | 20 Oct 2023 06:54 |
URI: | http://repository.undaris.ac.id/id/eprint/946 |
Actions (login required)
View Item |