PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SD NEGERI BANJARNEGORO 3 MERTOYUDAN TAHUN AJARAN 2022 / 2023

Retno, Wati (2023) PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SD NEGERI BANJARNEGORO 3 MERTOYUDAN TAHUN AJARAN 2022 / 2023. Undergraduate (Sarjana S1) thesis, UNDARIS.

[img] Text
26. RETNO WATI.pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK RETNO WATI. Penguatan Pendidikan Karakter Religius dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di SD Negeri Banjarnegoro 3 Mertoyudan Tahun Ajaran 2022/2023. Skripsi. Ungaran Prodi Pendidikan Agama Islam FAI UNDARIS, 2023. Globalisasi yang terjadi saat ini, membawa masyarakat Indonesia melupakan pendidikan karakter bangsa. Pelajaran pendidikan agama, seharusnya bisa menjadi penyaring untuk membendung arus merebaknya budaya kekerasan, dinilai telah berubah menjadi mata pelajaran berbasis indoktrinasi yang semata�mata mengajarkan dan mencekoki nilai baik dan buruk saja, tanpa diimbangi dengan pola pembiasaan secara intensif. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mengkaji atau mendeskripsikan penguatan pendidikan karakter religious dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di SD Negeri Banjarnegoro 3 Mertoyudan; (2) Untuk mengetahui faktor Pendukung dan Penghambat dalam Penguatan Pendidikan Karakter Religius dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di SD Negeri Banjarnegoro 3 Mertoyudan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, yaitu suatu penelitian yang ditujukan untuk mendeskripsikan dan menganalisis fenomena, peristiwa, aktifitas sosial, sikap, kepercayaan, persepsi dan pemikiran orang secara individual maupun kelompok. Sumber data berasal dari data primer dan sekunder. Pengumpulan data melalui observasi, interview dan dokumentasi. Teknis analisis datanya dengan cara mereduksi data, display data dan mengambil kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa Penguatan Pendidikan Karakter Religius dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di SD Negeri Banjarnegoro 3 Mertoyudan Tahun Ajaran 2022/2023 adalah (1) Karakter religius siswa SD Negeri Banjarnegoro 3 Mertoyudan tahun 2022/2023 dapat di katakana sudah sesuai dengan visi dan misi. Hal itu dapat dilihat dari perilaku siswa ketika di sekolah, sikap siswa dalam mengikuti kegiatan pembiasaan, sikap dalam mengikuti pembelajaran di kelas maupun di luar kelas, sikap dalam melaksanakan sholat berjamaah dan penilaian hasil belajar siswa pada kolom penilaian sikap pada aspek spiritual. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan hasil nilai afektif maupun kognitif sudah melebihi KKM. (2) Faktor pendukung dalam pelaksanaan kegiatan penguatan pendidikan karakter relogius dalam implementasi kurikulum merdeka pembiasaan dibedakan menjadi dua, faktor dari dalam yang berasal dari sekolah seperti sarana prasarana, media, keadaan pendidik dan faktor dari luar seperti latar belakang keluarga, keadaan lingkungan sekitar dan cara guru mengajar. Faktor penghambat dalam kegiatan pembiasaan adalah keadaan atau latar belakang siswa yang berbeda-beda, media sosial dan minat bakat siswa dan juga komunikasi dengan orang tua. Kata kunci: Pendidikan Karakter Religius, Kurikulum Merdeka

Item Type: Thesis (Undergraduate (Sarjana S1))
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ISYA YULISTIAWAN isyayulistiawan777@gmail.com
Date Deposited: 20 Oct 2023 06:45
Last Modified: 20 Oct 2023 06:45
URI: http://repository.undaris.ac.id/id/eprint/942

Actions (login required)

View Item View Item