IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA DI MTs YAJRI PAYAMAN TAHUN AJARAN 2022/2023

Mukhamad, Irkham (2023) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA DI MTs YAJRI PAYAMAN TAHUN AJARAN 2022/2023. Undergraduate (Sarjana S1) thesis, UNDARIS.

[img] Text
19. Mukhammad Irkham.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK IRKHAM 19610054. Implementasi Pembelajaran Aqidah Akhlak dalam Membentuk Karakter Siswa di MTs YAJRI Tahun Ajaran 2022/2023. dibimbing oleh Dr. Ida Zahara Abidah, S.Ag., M.Pd.I dan Ayep Rosyidi, S.Pd.I., M.Pd.I. Generasi penerus bangsa yang berpendidikan, berkarakter dan berakhlakul karimah diharapkan mampu membawa negeri menghadapi problematika di era digital, khususnya dalam bidang Pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk; (1) mengetahui pembelajaran Akidah Akhlak di MTs Yajri Payaman ; (2) mengetahui karakter siswa di MTs Yajri Payaman; (3) mengetahui implementasi pembelajaran Akidah Akhlak dalam membentuk karakter siswa di MTs Yajri Payaman Penelitian ini adalah penelitian bersifat kualitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini yaitu: Kepala Madrasah, WaKa kurikulum, guru aqidah akhlak dan sebagian siswa di MTs Yajri Payaman. Lokasi penelitian di MTs Yajri Payaman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) pembelajaran Akidah Akhlak di MTs Yajri telah terlaksana dengan baik. Karena adanya kolaborasi antara kepala madrasah, pengajar, staf madrasah dan peserta didik sehingga terciptanya proses pembelajaran yang menyenangkan. Serta didukung beberapa faktor diantaranya: lingkungan madrasah yang kondusif, metode pembelajaran yang inovatif dan modern, pembiasaan yang terkontrol 24 jam, serta didukung oleh sarana dan prasarana yang baik. Meskipun ada catatan-catatan kecil untuk perbaikan; (2) karakter siswa MTs Yajri secara keseluruhan baik. Hal ini ditunjukkan dengan perbedaan karakter antara kelas VII yang rata-rata manja, kurang percaya diri, kelasVIII yang rata-rata karakternya sudah mandiri dan lebih percaya diri, kelas IX, karakternya rata-rata lebih dewasa dan tumbuhnya kesadaran diri. (3) Implementasi pembelajaran akidah akhlak memberikan dampak positif terhadap karakter siswa. Terbukti dengan kesadaran siswa untuk melaksanakan solat berjamaah, puasa sunnah, jujur, saling menghormati dan bersikap sopan kepada guru. Dari hasil wawancara dengan guru aqidah akhlak bahwa siswa begitu antusias dalam mengikuti pembelajaran aqidah akhlak ini sehingga para siswa mampu mengimplementasikannya dalam keseharian mereka baik dalam lingkungan sekolah maupun di luar lingkungan sekolah. Kata Kunci: Pembelajaran

Item Type: Thesis (Undergraduate (Sarjana S1))
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ISYA YULISTIAWAN isyayulistiawan777@gmail.com
Date Deposited: 20 Oct 2023 04:11
Last Modified: 20 Oct 2023 04:11
URI: http://repository.undaris.ac.id/id/eprint/932

Actions (login required)

View Item View Item