ANALISIS FAKTOR-FAKTOR KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK AIR MINUM DALAM KEMASAN STUDI KASUS KONSUMEN AMDK SUKABELA DI KABUPATEN SEMARANG

DESTA, AYU JUWITASARI (2023) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK AIR MINUM DALAM KEMASAN STUDI KASUS KONSUMEN AMDK SUKABELA DI KABUPATEN SEMARANG. Undergraduate (Sarjana S1) thesis, Undaris.

[img] Text
8. SKRIPSI_SAAT DUDIN TAFTAYANI.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Perkembangan bisnis yang semakin maju mengakibatkan persaingan dalam dunia bisnis semakin ketat, oleh sebab itu perusahaan senantiasa berusaha untuk meningkatkan pangsa pasar dan meraih konsumen baru. Pada dasarnya semakin banyak pesaing maka semakin banyak pula pilihan bagi konsumen untuk memilih produk yang sesuai dengan harapannya. Sehingga dari perubahan tersebut maka konsumen menjadi lebih cermat dalam memilih produk–produk baru yang diluncurkan.Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah harga, promosi dan saluran distribusi berpengaruh secara parsial dan simultan terhadap keputusan pembelian AMDK Sukabela di Kabupaten Semarang. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah harga menurut Kotler dan Keller (2011) dalam Widnyani (2020), promosi menurut Kotler dan Keller (2016), saluran distribusi menurut Abubakar (2018) dan keputusan pembelian menurut Ayuningtyas & Gunawan (2018). Metodologi penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode survei. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan jumlah 96 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang diolah menggunakan SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa harga berpengaruh secara signifikansi terhadap keputusan pembelian AMDK Sukabela di Kabupaten Semarang, hal ini dibuktikan dengan nilai thitung sebesar 3.754 dan nilai signifikansi sebesar 0,000. Promosi berpengaruh secara signifikansi terhadap keputusan pembelian produk air minum dalam kemasan studi kasus konsumen AMDK Sukabela di Kabupaten Semarang, hal tersebut dibuktikan dengan nilai thitung sebesar 3.036 dan nilai signifikansi sebesar 0,003. Saluran distribusi berpengaruh secara signifikansi terhadap keputusan pembelian produk air minum AMDK Sukabela di Kabupaten Semarang, hal tersebut dibuktikan dengan nilai thitung sebesar 3.527 dan nilai signifikansi sebesar 0,001. Sedangkan, berdasarkan hasil perhitungan statistik uji simultan, maka dapat disimpulkan bahwa harga, promosi dan saluran distribusi berpengaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian produk air minum AMDK Sukabela di Kabupaten Semarang, hal tersebut dibuktikan dengan nilai Fhitung sebesar 41.926 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 serta koefisien determinasi yakni 0,564 yang berarti bahwa keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh variabel harga, promosi dan saluran distribusi sebesar 56,4%, sedangkan sisanya 43,6% dijelaskan oleh variabel lainnya yang tidak terdapat dalam penelitian ini. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pengaruh positif signifikan antara harga (X1), promosi (X2), dan saluran distribusi (X3) terhadap keputusan pembelian (Y) AMDK Sukabela di Kabupaten Semarang baik secara parsial maupun simultan. Semakin meningkat harga semakin meningkat keputusan pembelian, semakin meningkat promosi semakin meningkat keputusan pembelian , semakin meningkat saluran distribusi semakin meningkat keputusan pembelian . Kata Kunci : Harga, Promosi, Saluran Distribusi dan Keputusan Pembelian.

Item Type: Thesis (Undergraduate (Sarjana S1))
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Manajemen
Depositing User: ISYA YULISTIAWAN isyayulistiawan777@gmail.com
Date Deposited: 20 Oct 2023 04:07
Last Modified: 20 Oct 2023 04:07
URI: http://repository.undaris.ac.id/id/eprint/931

Actions (login required)

View Item View Item