Hifa Aisyah, Putri Ariyanto (2023) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR PENGHAMBAT PEMBELAJARAN PAI DAN DAMPAKNYA TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MAPEL PAI SD ISLAM MULTIPLUS AR-RAHIIM KAJANGAN TAHUN 2022/2023. Undergraduate (Sarjana S1) thesis, UNDARIS.
Text
11. HIFA AISYAH.pdf Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK HIFA AISYAH PUTRI ARIYANTO. Analisis Faktor-Faktor Penghambat Pembelajaran PAI dan Dampaknya terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Mapel PAI SD Islam Multiplus Ar Rahiim Kajangan tahun 2022/2023. Skripsi. Ungaran Prodi Pendidikan Agama Islam FAI UNDARIS, 2023. Siswa memerlukan pembinaan untuk dapat berakhlak baik dan memiliki hasil belajar maksimal. Ada banyak faktor untuk memaksimalkan hasil belajar tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui faktor-faktor yang menghambat belajar PAI siswa SDIT Multiplus Ar-Rahiim Kajangan tahun 2022/2023; (2) mengetahui hasil belajar PAI siswa SD Islam Multiplus Ar-Rahiim Kajangan tahun 2022/2023; (3) mengetahui dampak dari faktor-faktor penghambat belajar PAI siswa terhadap hasil belajar PAI siswa SD Islam Multiplus Ar-Rahiim Kajangan tahun 2022/2023. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SD Islam Multiplus Ar Rahiim Kajangan yang berjumlah 141 orang. Jumlah sampel yang diambil adalah 40 orang, yakni 29% dari jumlah populasi dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket dan dokumentasi. Variabel penelitian terdiri atas variabel X (faktor penghambar belajar PAI siswa) dan variabel Y (hasil belajar siswa (nilai rapor siswa mapel PAI)). Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif kuantitatif dengan uji t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa yang menjadi faktor penghambat pembelajaran PAI adalah kurang aktifnya siswa dalam bertanya dan menjawab pertanyaan guru. Berdasarkan hasil analisis statistik deskriptif diperoleh skor rata- rata faktor penghambat pembelajaran PAI adalah 64 terletak pada interval 62-67, hasil ini berada pada kategori tinggi. Sedangkan skor rata-rata hasil belajar siswa pada mapel PAI adalah 91 terletak pada interval 90-100, hasil ini berada pada kategori amat baik. Sedangkan hasil analisis pada pengujian statistic regresi sederhana, yaitu uji t, diperoleh hasil uji hipotesis bahwa t0 (hitung)= - 4.92782 dan ttabel= 2.02439. t0 < ttabel (- 4.92782 < 2.02439) maka Ho diterima Ha ditolak. Kesimpulan dari hasil penelitian ini yakni bahwa tidak terdapat dampak yang signifikan antara faktor penghambat pembelajaran PAI terhadap hasil belajar siswa pada mapel PAI di SD Islam Multiplus Ar Rahiim Kajangan. Kata kunci : faktor penghambat pembelajaran PAI, hasil bela
Item Type: | Thesis (Undergraduate (Sarjana S1)) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | ISYA YULISTIAWAN isyayulistiawan777@gmail.com |
Date Deposited: | 20 Oct 2023 03:18 |
Last Modified: | 20 Oct 2023 03:18 |
URI: | http://repository.undaris.ac.id/id/eprint/917 |
Actions (login required)
View Item |