STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGATASI KESULITAN MEMBACA AL-QUR’AN SISWA SMK ISLAM SUDIRMAN 1 AMBARAWA TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Feny, Widyawati (2023) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGATASI KESULITAN MEMBACA AL-QUR’AN SISWA SMK ISLAM SUDIRMAN 1 AMBARAWA TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Undergraduate (Sarjana S1) thesis, UNDARIS.

[img] Text
10. FENY WIDYAWATI.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK FENY WIDYAWATI. Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Al-Qur’an Siswa (Studi kasus di Smk Islam Sudirman 1 Ambarawa) Skripsi. Ungaran Prodi Pendidikan Agama Islam FAI UNDARIS, 2023 Penelitian ini bertolak dari adanya masalah strategi guru Pendidikan Agama Islam di SMK Islam Sudirman 1 Ambarawa, ada anak yang tidak bisa membaca Al- Qur’an, ada anak yang bisa membaca Al-Qur’an, bahkan ada anak yang tidak bisa mengenal hurufnya. Oleh karena itu peneliti ingin mengetahui bagaimana strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Al- Qur’an Pada Siswa SMK Islam Sudirman 1 Ambarawa. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan strategi guru Pendidikan Agama Islam pada siswa SMK Islam Sudirman 1 Ambarawa, (2) mengetahui metode yang di terapakan dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada siswa SMK Islam Sudirman 1 Ambarawa, (3) mengetahui faktor yang mempengaruhi kesulitan membaca Al-Qur’an pada siswa SMK Islam Sudirman 1 Ambarawa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, subjek penelitian, guru Pendidikan Agama Islam, informan siswa. Teknik pengumpulan data (1) wawancara, (2) observasi, (3) dokumentasi, teknik pengabsahan data, dan teknik analisis data menggunakan (1) data collection, (2) data reduction, (3) data display, (4) data conclusion drawing/verification. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi kesulitan membaca Al-Qur’an cukup bagus menggunakan beberapa strategi yang afektif yaitu mengaktifkan 1 jam pembelajaran untuk tadarus, menerapkan pembiasaan sebelum pembelajaran, menyaring kepada siswa yang kesulitan dalam membaca Al-Qur’an serta requetmen tutor sebaya dan membuat forum khusus mengaji diluar jam pembelajaran. (2) Metode yang diterapkan guru dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam sangat bagus menggunakan metode yanbu’a dengan metode pembiasaan agar siswa dapat memahami secara perlahan sesuai dengan tahapan dengan dibersamai menggunakan metode pembiasaan. (3) Faktor penyebab kesulitan membaca Al-Qur’an yaitu ada 2 faktor penghambat dan faktor penunjang, faktor penghambat diangtaranya yaitu motivasi membaca yang kurang, latar pendidikan yang berbeda dan yang terakhir yaitu pemgaruh teknologi, untuk faktor penunjangnya yaitu pengaruh positif teman sebangku atau teman satu kelas dan sarana dan prasarana yang memadai. Kata Kunci: Strategi,Guru PAI.Al-Qur’an

Item Type: Thesis (Undergraduate (Sarjana S1))
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ISYA YULISTIAWAN isyayulistiawan777@gmail.com
Date Deposited: 20 Oct 2023 03:13
Last Modified: 20 Oct 2023 03:13
URI: http://repository.undaris.ac.id/id/eprint/916

Actions (login required)

View Item View Item