PENGARUH IMPLEMENTASI METODE SIMA’I DALAM MENINGKATKAN HAFALAN AL-QUR’AN KECAMATAN BERGAS, KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2022

Ahmad Asief, Roisul Amr (2023) PENGARUH IMPLEMENTASI METODE SIMA’I DALAM MENINGKATKAN HAFALAN AL-QUR’AN KECAMATAN BERGAS, KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2022. Undergraduate (Sarjana S1) thesis, UNDARIS.

[img] Text
2. AHMAD ASIEF ROISUL AMRI.pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK AHMAD ASIEF ROISUL AMRI., Implementasi Metode Sima’i Dalam Meningkatkan Hafalan Al-Qur’an Di TPQ Al-Faridi Kelurahan Wujil, Kecamatan Bergas, Kabupaten Semarang Tahun 2022 Al-Qur’an merupakan pegangan pokok umat muslim untuk menjalankan kehidupan yang diberikan Allah kepada alam semesta yang bersifat sementara ini, karena Al-Qur’an merupakan kalamullah yang dianugerahkan kepada manusia. Program hafalan atau Tahfidz Al-Qur’an merupakan program unggulan baru dari TPQ Al-Faridi. Pada pelaksaan program tahfidz ini selama satu bulan, terdapat beberapa kesulitan. Santriwan dan santriwati yang belum bisa keluar dari zona nyaman, yaitu mengajukan hafalan surat surat pendek. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mengetahui implementasi metode sima’i berpengaruh dalam meningkatkan hafalan Al-Quran di TPQ Al-Faridi; (2) Mengetahui peningkatan hafalan Al-Quran di TPQ Al-Faridi setelah implementasi metode sima’i. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen dengan pre-experimental design dengan bentuk one group pre-test�post-test. Hasil Penelitian adalah pada analisis uji beda t-test gain baik secara keseluruhan maupun setiap indikator menunjukkan hasil maka dapat disimpulkan bahwa nilai hafalan santri pada pretest dan posttest menunjukkan perbedaan yang signifikan. Oleh karena itu implementasi metode sima’i berpengaruh terhadap usaha meningkatkan hafalan Al-Qur’an santri. Hasil analisis data nilai pretest dan posttest nilai hafalan santri diperoleh hasil presentase ketuntasan pretest santri sebesar 43,33% dengan kriteria cukup dan presentase ketuntasan posttest santri 66,67% dengan kriteria baik sehingga daapat dilihat bahwa nilai hafalan pretest dan posttest santri memiliki peningkatan presentase sebesar 23,34%. Berdasarkan hasil analisis presentase pretest dan posttest dapat disimpulkan bahwa dengan implementasi metode sima’i berpengaruh pada peningkatan hafalan Al-Qur’an santri. Kata kunci: Metode Sima’i, Pembelajaran, Hafalan Al-Qur’an santri

Item Type: Thesis (Undergraduate (Sarjana S1))
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ISYA YULISTIAWAN isyayulistiawan777@gmail.com
Date Deposited: 19 Oct 2023 07:28
Last Modified: 19 Oct 2023 07:28
URI: http://repository.undaris.ac.id/id/eprint/906

Actions (login required)

View Item View Item