Siti, Rohmatun (2023) PENERAPAN PEMBELAJARAN TEMATIK INTEGRATIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPAS PADA SISWA KELAS IV DI MI GEDANGANAK KECAMATAN UNGARAN TIMUR KABUPATEN SEMARANG. Undergraduate (Sarjana S1) thesis, UNDARIS.
Text (SKRIPSI FKIP/PGSD)
Siti Rohmatun PGSD 2023.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (6MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK Siti Rohmatun. 2023. Penerapan Pembelajaran Tematik Integratif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Siswa Kelas IV MI Gedangank Kecamatan Ungaran Timur Kabupaten Semarang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Darul Ulum Islamic Center Sudirman Ungaran. Pembimbing Utama: Dra. Luluk Ihyani, M.Pd, Pembimbing Pendamping: Ridha Sarwono, S.Sn, M.Pd. Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya hasil belajar IPAS siswa kelas IV MI Gedangank. Rumusan masalahnya adalah apakah penerapan tematik integratif dapat meningkatkan hasil belajar IPAS pada siswa kelas IV MI Gedanganak Kecamatan Ungaran Timur Kabupaten Semarang. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan tematik integratif IPAS pada siswa kelas IV MI Gedanganak Kecamatan Ungaran Timur Kabupaten Semarang. Jenis penelitin yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart. Penelitian dilakukan pada tanggal 4 sampai 10 Januari 2023 di MI Gedanganak. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan observasi dan tes. Observasi untuk mengukur keterampilan guru, sedangkan tes untuk mengukur hasil belajar IPAS dengan penerapan tematik integratif di MI Gedanganak. Analisis data menggunakan analisis data kuantitatif untuk mengolah hasil belajar dan analisis kualitatif untuk mengolah data keterampilan guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan tematik integratif dapat meningkatkan hasil belajar IPAS siswa kelas IV. Hal tersebut ditunjukkan dengan peningkatan hasil belajar pada setiap siklusnya diperoleh data pada siklus I dengan nilai terendah 50, nilai tertinggi 90, rata-rata kelas 72 dan persentase ketuntasan 52,8%. Pada pelaksanaan tindakan siklus II diperoleh data hasil belajar dengan nilai terendah 65, nilai tertinggi 95 dengan rata-rata kelas 82 dan persentase ketuntasan 91,7%. Alasan dilakukannya siklus II adalah karena hasil belajar IPAS pada siklus I masih di bawah KKTP, yaitu 75. Keterampilan guru meningkat pada tiap siklusnya ditunjukkan dengan jumlah skor keterampilan guru pada pelaksanaan siklus I sebesar 17 dengan nilai 77 berperingkat baik (B) dan dilanjutkan pada siklus II jumlah skor sebesar 20 dengan nilai 91 berperingkat sangat baik (A). Kata kunci: hasil belajar IPAS, tematik integratif V ABSTRACT Siti Rohmatun. 2023. Application of Integrative Thematic Learning to Improve Learning Outcomes in Grade IV Students of MI Gedangk, East Ungaran District, Semarang Regency. Thesis, Elementary School Teacher Education Study Program, Faculty of Teacher Training and Education, University of Darul Ulum Islamic Center Sudirman Ungaran. Main Advisor: Dra. Luluk Ihyani, M.Pd, Counselor: Ridha Sarwono, S.Sn, M.Pd. This research was motivated by the low science learning outcomes of class IV MI Gedangk students. The formulation of the problem is whether the application of integrative thematic can improve science learning outcomes in class IV students of MI Gedanganak, East Ungaran District, Semarang Regency. The purpose of this study was to improve student learning outcomes through the thematic integrative application of science and technology in class IV students of MI Gedanganak, East Ungaran District, Semarang Regency. The type of research used is classroom action research using the Kemmis and Mc Taggart models. The research was conducted from 4 to 10 March 2023 at MI Gedanganak. Data collection techniques in this study are by observation and tests. Observations are to measure teacher skills, while tests are to measure science learning outcomes with the application of integrative thematics at MI Gedanganak. Data analysis used quantitative data analysis to process learning outcomes and qualitative analysis to process teacher skills data. The results of the study show that the application of integrative thematics can improve students' learning outcomes in class IV science science. This is indicated by the increase in learning outcomes in each cycle. The data obtained in cycle I with the lowest score is 50, the highest score is 90, the class average is 72 and the percentage of completeness is 52.8%. In the implementation of the second cycle of action, it was obtained data on learning outcomes with the lowest score of 65, the highest score of 95 with a class average of 82 and a completeness percentage of 91.7%. The reason for doing the second cycle was because the science learning outcomes in the first cycle were still below the KKTP, namely 75. The teacher's skills increased in each cycle as indicated by the total score of the teacher's skills in the implementation of the first cycle of 17 with a value of 77 rated sufficient (B) and continued in cycle II the total score was 20 with a value of 91 with a very good rating (A). Keywords: science learning outcomes, integrative thematic
Item Type: | Thesis (Undergraduate (Sarjana S1)) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | Fakultas Teknik > S1 Teknik Sipil |
Depositing User: | LIBRARY UNDARIS - |
Date Deposited: | 12 Oct 2023 06:45 |
Last Modified: | 12 Oct 2023 06:45 |
URI: | http://repository.undaris.ac.id/id/eprint/866 |
Actions (login required)
View Item |