KEPUASAN MASYARAKAT TERHADAP PELAYANAN ADMINISTRASI TERPADU KECAMATAN (PATEN) DI KECAMATAN BANCAK KABUPATEN SEMARANG

Moh, Fakih (2020) KEPUASAN MASYARAKAT TERHADAP PELAYANAN ADMINISTRASI TERPADU KECAMATAN (PATEN) DI KECAMATAN BANCAK KABUPATEN SEMARANG. Technical Report. Lembaga Penelitian Undaris Ungaran, Ungaran. (Unpublished)

[img] Text
Laporan Penelitian Kepuasan Masyarakat Bancak terhadap Pelayanan Administrasi Terpadu.pdf

Download (1MB)

Abstract

Dalam rangka pengembangan dan mengoptimalkan peran kecamatan dalam otonomi daerah melalui peningkatan pelayanan publik diharapkan dapat lebih tercipta pemerataan pembangunan daerah dan memberikan pelayanan yang berkualitas serta kepuasan masyarakat bagi yang memerlukan. Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN) sebagai bentuk kebijakan yang diserahkan kepada pemerintah kecamatan, antara lain guna meningkatkan kualitas pelayanan publik yang harus sesuai kebutuhan dan kepuasan masyarakat dalam standar pelayanan publik. Kepuasan masyarakat telah ditetapkan 9 unsur pelayanan sebagai tolok ukur kualitas pelayanan publik. Penelitian ini bertujuan untuk: 1. Mengetahui PATEN yang diberikan oleh kecamatan Bancak Kabupaten Semarang tahun 2019 2. Mengetahui tingkat kepuasan masyarakat kecamatan Bancak terhadap PATEN tahun 2019 Untuk mencapai tujuan dimaksud, penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Pelaksanaan PATEN di Kecamatan Bancak telah terselenggara dengan kinerja pelayanan dan kualitas pelayanan B (Baik) dengan tetap berdasarkan peraturan perundangan yang berlaku. Dalam pencapaian kualitas kinerja pelayanan tidak lepas dari kendala dan upaya yang dilakukan guna penyesuaian terhadap persyaratan (substantif, administratif, dan teknis). Kepuasan masyarakat dari hasil survei dengan kriteria dan tolok ukur pencapaiannya berdasarkan 9 unsur pelayanan dalam IKM dengan kinerja pelayanan baik dan mutu pelayanan B serta rata-rata indeks kepuasan terhadap pelayanan 3,242. Nilai indeks kepuasan masyarakat setelah dikonversi memperoleh 81,053 yakni memuaskan. Saran/rekomendasi guna peningkatan kepuasan masyarakat antara lain: kebijakan pelimpahan kewenangan terkait persyaratan substantif perlu ditambah dan dipertegas, dukungan dan pembinaan SDM pelaksana PATEN, koordinasi antar unit kerja dengan pelaksana PATEN secara keseluruhan sebagai penanggung jawab tupoksi PATEN. Kata Kunci: Kepuasan masyarakat, kualitas pelayanan, dan PATEN

Item Type: Monograph (Technical Report)
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Kependidikan > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Drs. M.Si. Moh. Fakih
Date Deposited: 30 Sep 2020 04:52
Last Modified: 05 Oct 2020 09:58
URI: http://repository.undaris.ac.id/id/eprint/85

Actions (login required)

View Item View Item