MARKETING MIX DALAM IMPLEMENTASI STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN PADA SGM MOTOR DI BLORA.

Eroh, Rukmayanti (2022) MARKETING MIX DALAM IMPLEMENTASI STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN PADA SGM MOTOR DI BLORA. Masters thesis, UNDARIS.

[img] Text (SKRIPSI BENTUK SOFTCOPY PDF)
Eroh Rukmayanti NPM 18.51.0055.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Pesatnya perkembangan dunia usaha menyebabkan perusahaan�perusahaan mengalami tantangan dalam menjual produknya di pasar. Keadaan pasar yang semakin kompleks menuntut para produsen untuk memiliki strategi pemasaran yang baik. Tujuan utama dari sebuah usaha adalah mencapai laba yang tinggi. Hal ini juga menjadikan tolak ukur sukses atau tidaknya sebuah usaha dalam mencapai tujuannya.Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk menentukan strategi pemasaran yang tepat untuk di terapkan pada SGM Motor dengan mengimplementasikan strategi pemasaran 4P untuk meningkatkan volume penjualan. Jenis penelitian yang di gunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif menggunakan analisis kualitatif SWOT dan kuantitatif menggunakan analisis SWOT. Populasi dan sample dipilih menggunakan teknik purposive sampling, pengambilan sampel dalam purposive sampling terbatas hanya pada jenis orang tertentu yang dapat memberikan informasi yang diinginkan. Di dalam penelitian ini sempel yang di pilih terdiri dari 6 informan. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tringulasi (gabungan). Hasil analisis menunjukan berdasarkan diagram SWOT bahwa posisi SGM Motor berada pada kuadran 1 yang menunjukan bahwa situasi ini sangat menguntungkan. Berdasarkan matrik SWOT berada di posisi bisnis SO yaitu memanfaatkan seluruh kekuatan untuk merebut dan memanfaatkan peluang yang sebesar-besarnya. Berdasarkan matrik IE dapat di ketahui bahwa posisi SGM Motor saat ini berada pada sel I. Posisi pada sel I memberikan indikasi bahwa posisi SGM Motor saat ini berada pada posisi tumbuh dan bina (Grow and Build). Strategi yang di cocok di terapkan oleh SGM Motor adalah strategi intensif atau integrasi . Strategi intensif meliputi penetrasi pasar, pengembangan pasar, dan pengembangan produk. Sedangkan dari hasil analisis QSPM strategi yang paling efektif untuk di implementasikan pada SGM Motor yaitu strategi penetrasi pasar dengan nilai TAS sebesar 6,73. Strategi penetrasi pasar ini berusaha meningkatkan pangsa pasar untuk produk/jasa saat ini melalui upaya pemasaran yang lebih besar. Penetrasi pasar mencakup meningkatkan jumlah tenaga penjual, jumlah belanja iklan, menawarkan promosi penjualan yang ekstensif, atau meningkatkan usaha publisitas Kata kunci : Strategi Pemasaran 4P,Volume penjualan, SWOT. iv ABSTRACT The rapid development of the business world has caused companies to experience challenges in selling their products in the market. The increasingly complex state of the market requires the producers to have a good marketing strategy. The main goal of a business is to achieve high profits. This also makes the benchmark for the success or not of an effort in achieving its goals. The main purpose of this study is to determine the right marketing strategy to be applied to SGM Motor by implementing a 4P marketing strategy to increase sales volume. The type of research used in this study is descriptive qualitative using swot qualitative analysis and quantitative using SWOT analysis. Populations and samples are selected using purposive sampling techniques, sampling in purposive sampling is limited to only certain types of people who can provide the desired information. In this study, the selected sempel consisted of 6 informants. The data collection technique uses tringulation (combined) techniques. The results of the analysis show based on the SWOT diagram that the position of SGM Motor is in quadrant 1 which shows that this situation is very favorable. Based on the SWOT matrix, it is in the SO business position, which is to take full advantage of all the strength to seize and take advantage of the greatest opportunity.. Based on the IE matrix, it can be seen that the position of SGM Motor is currently in cell I. The position in cell I gives an indication that the position of SGM Motor is currently in a growing and building position (Grow and Build).The strategy that is suitable to be applied by SGM Motor is an intensive strategy or integration. Intensive strategies include market penetration, market development, and product development. Meanwhile, from the results of the QSPM analysis, the most effective strategy to be implemented at SGM Motor is the market penetration strategy with a TAS value of 6.73. This market penetration strategy seeks to increase market share for current products/services through greater marketing efforts. Market penetration includes increasing the number of salespeople, the amount of advertising spending, offering extensive sales promotions, or increasing publicity effort. Keywords : 4P Marketing Strategy,Sales volume, SWOT

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: LIBRARY UNDARIS -
Date Deposited: 02 Jan 2023 04:51
Last Modified: 02 Jan 2023 04:51
URI: http://repository.undaris.ac.id/id/eprint/789

Actions (login required)

View Item View Item