PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GQGA TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V MI MAARIF BEJI KECAMATAN UNGARAN TIMUR KABUPATEN SEMARANG

MUH MUTAIFUL, MAARIF (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GQGA TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V MI MAARIF BEJI KECAMATAN UNGARAN TIMUR KABUPATEN SEMARANG. Masters thesis, UNDARIS.

[img] Text (SKRIPSI BENTUK SOFTCOPY PDF)
Muh Mutaiful Maarif PGSD 2022 (REPO).pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Abstrak Muh Mutaiful Maarif. 2022. Pengaruh Model Pembelajaran GQGA Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V MI Maarif Beji Kecamatan Ungaran Timur Kabupaten Semarang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Kependidikan, Universitas Darul Ulum Islamic Centre Sudirman GUPPI Ungaran. Pembimbing Utama: Puji Winarti, M.Pd, Pembimbing Pendamping: Atrianing Yessi Wijayanti, M.Pd. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar IPA siswa. Rumusan masalahnya yaitu Apakah ada pengaruh model pembelajaran GQGA terhadap hasil belajar IPA siswa Kelas V di MI Maarif Beji Kecamatan Ungaran Timur Kabupaten Semarang ?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada dan tidak pengaruh model GQGA terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V di Mi Maarif Beji Kecamatan Ungaran Timur Kabupaten Semarang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif eksperimen yang melibatkan dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kontrol. Desain dalam penelitian ini yaitu Quasi Eksperimental Desain. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 18 sampai 20 April 2022 di MI Maarif Beji. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 42 siswa kelas 5. Kelas eksperimen berjumlah 21 siwa dan kelas kontrol berjumlah 21 siswa di MI Maarif Beji Kecamatan Ungran Timur Kabupaten Semarang. Teknik sampling yang digunakan yaitu Cluster random sampling. Variabel-variabel yang diteliti meliputi: model pembelajaran GQGA dan hasil belajar IPA. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik tes untuk mengukur hasil belajar IPA siswa kelas V. Pengujian hipotesis menggunakan uji t dengan melakukan uji normalitas dan homogenitas terlebih dahulu. Hasil penelitian menunjukan bahwa model GQGA berpengaruh positif terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V MI Maarif Beji Kecamatan Ungaran Timur Kabupaten Semarang. Hal ini dibuktikan dengan perolehan hasil uji hipotesis dengan rumus uji t yaitu dengan nilai thitung lebih besar dari ttabel (3,677 > 2,704) maka Ha diterima dan Ho ditolak. Artinya ada pengaruh positif model GQGA terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V semester genap Tahun Pelajaran 2020/2022 MI Maarif Beji Kecamatan Ungaran Timurt Kabupaten Semarang. Kata kunci: Model Pembelajaran GQGA, Hasil Belajar IPA iv Abstract Muh Mutaiful Maarif. 2022. The Effect of the GQGA Learning Model on the Science Learning Outcomes of Class V MI Maarif Beji Students, Ungaran Timur District, Semarang Regency. Thesis, Elementary School Teacher Education Study Program, Faculty of Teacher Training and Education, Darul Ulum University Islamic Center Sudirman GUPPI Ungaran. Main Advisor: Puji Winarti, M.Pd, Assistant Advisor: Atrianing Yessi Wijayanti, M.Pd. This research is motivated by the low learning outcomes of students' science. The formulation of the problem is whether there is an effect of the GQGA learning model on the science learning outcomes of Class V students at MI Maarif Beji, Ungaran Timur District, Semarang Regency?. This study aims to determine whether or not the GQGA model influences the science learning outcomes of fifth grade students at Mi Maarif Beji, Ungaran Timur District, Semarang Regency. The type of research used is experimental quantitative research involving two classes, namely the experimental and control classes. The design in this research is Quasi Experimental Design. This research was conducted from 18 to 20 April 2022 at MI Maarif Beji. The population in this study was 42 students in grade 5. The experimental class was 21 students and the control class was 21 students at MI Maarif Beji, Ungran Timur District, Semarang Regency. The sampling technique used is cluster random sampling. The variables studied included: the GQGA learning model and science learning outcomes. The data collection technique used in this study is a test technique to measure the science learning outcomes of class V students. Hypothesis testing uses the t test by conducting normality and homogeneity tests first. The results showed that the GQGA model had a positive effect on science learning outcomes for fifth grade students at MI Maarif Beji, Ungaran Timur District, Semarang Regency. This is evidenced by the acquisition of the results of hypothesis testing with the t-test formula, namely with the value of tcount greater than ttable (3.677 > 2.704), then Ha is accepted and Ho is rejected. This means that there is a positive influence of the GQGA model on the science learning outcomes of fifth grade students in the even semester of the 2020/2022 academic year at MI Maarif Beji, Ungaran Timurt District, Semarang Regency. Keywords: GQGA Learning Model, Science Learning Outcomes

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Kependidikan > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: LIBRARY UNDARIS -
Date Deposited: 31 Dec 2022 04:22
Last Modified: 31 Dec 2022 04:22
URI: http://repository.undaris.ac.id/id/eprint/784

Actions (login required)

View Item View Item