ELIYANI, NUR KHOFIFAH (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS X TAHUN PELAJARAN 2021/2022 SMK NU UNGARAN KABUPATEN SEMARANG. Masters thesis, UNDARIS.
Text (SKRIPSI BENTUK SOFTCOPY PDF)
ELIYANI NUR K. PPKN 2022 (REPO).pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK Khofifah, Eliyani Nur. 2022. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X Tahun Pelajaran 2021/2022 SMK NU Ungaran Kabupaten Semarang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pedndidikan, Universitas Darul Ulum Islamic Centre Sudirman GUPPI Ungaran. Pembimbing Utama: Dra. Sri Widayati, M.Si, Pembimbing Pendamping Dr. Sutomo, M.Pd. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa setelah pemberlakuan pembelajaran daring pada masa pandemi covid-19 yang cenderung menggunakan metode pembelajaran yang mendikte dan membosankan. Rumusan masalahnya yaitu Adakah pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas X tahun Pelajaran 2021/2022 SMK NU Ungaran Kabupaten Semarang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas X Tahun Pelajaran 2021/2022 SMK NU Ungaran Kabupaten Semarang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode Quasi Experiment. Penelitian ini dilaksanakan di SMK NU Ungaran, variabel bebas dengan simbol X yaitu pengaruh model pembelajaran berbasis masalah dan variabel terikat dengan simbol Y yaitu kemampuan berpikir kritis siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X DKV yang berjumlah 52 peserta didik, sampel yang digunakan adalah sampel jenuh dengan melibatkan semua kelas X DKV yaitu kelas X DKV-1 sebanyak 26 peserta didik sebagai kelas eksperimen (mendapat perlakuan) dan Kelas X DKV-2 sebanyak 26 peserta didik sebagai kelas kontrol (tidak mendapat perlakuan). Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan melalui beberapa uji diantaranya uji normalitas dan uji homogenitas kemudian teknik analisis data dengan uji korelasi biserial dan uji t. Hasil penelitian berdasarkan hasil pengujian hipotesis pada penelitian ini menggunakan uji korelasi biserial dengan hasil nilai signifikansi lebih kecil dari nilai alpha yang diterapkan yaitu 0,050. Nilai signifikansi pengujian data adalah 0,010 < 0,050, dan pada pengujian menggunakan uji T diperoleh hasil t-hitung yang diperoleh sebesar 4,501 lebih besar daripada t-tabel sebesar 2,008 (4,501>2,000) dan signifikansi yang diperoleh sebesar 0,000 < 0,050 (t-hitung jatuh pada penolakan H0). Maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima yang artinya terdapat Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X Tahun Pelajaran 2021/2022 SMK NU Ungaran Kabupaten Semarang. Kata kunci: model pembelajaran berbasis masalah, kemampuan berpikir kritis v ABSTRACT Khofifah, Eliyani Nur. 2022. The Influence of Problem-Based Learning Models on Critical Thinking Ability of Class X Students in the 2021/2022 Academic Year at SMK NU Ungaran, Semarang Regency. Thesis, Pancasila and Citizenship Education Study Program, Faculty of Teacher Training and Education, Darul Ulum Islamic Center Sudirman GUPPI University Ungaran. Main Advisor: Dra. Sri Widayati, M.Si, Assistant advisor Dr. Sutomo, M.Pd. This research is motivated by the low critical thinking ability of students after the implementation of online learning during the covid-19 pandemic which tends to use dictating and boring learning methods. The formulation of the problem is Is there any effect of problem-based learning model on the critical thinking skills of class X students in the 2021/2022 academic year at SMK NU Ungaran, Semarang Regency. This study aims to determine the effect of the problem-based learning model on the critical thinking skills of class X students in the 2021/2022 academic year at SMK NU Ungaran, Semarang Regency. This study uses a quantitative approach with the Quasi Experiment method. This research was conducted at SMK NU Ungaran, the independent variable with symbol X is the influence of problem-based learning model and the dependent variable with symbol Y is students' critical thinking ability. The population in this study were 52 students of class X DKV, the sample used was a saturated sample involving all class X DKV, namely class X DKV-1 as many as 26 students as the experimental class (getting treatment) and Class X DKV-2 as many as 26 students as the control class (no treatment). Data collection techniques using a questionnaire and through several tests including normality test and homogeneity test then data analysis techniques with biserial correlation test and t test. The research results are based on the results of hypothesis testing in this study using the biserial correlation test with the results of a significance value smaller than the alpha value applied, namely 0.050. The significance value of the data test is 0.010 < 0.050, and in the test using the T test the results of the t-count obtained are 4.501 which is greater than the t-table of 2.008 (4.501> 2,000) and the significance obtained is 0.000 < 0.050 (t-count falls on rejection of H0). So it can be concluded that Ho is rejected and Ha is accepted, which means that there is an Influence of Problem-Based Learning Models on Critical Thinking Ability of Class X Students in the 2021/2022 Academic Year at SMK NU Ungaran, Semarang Regency. Keywords: problem-based learning model, critical thinking ability
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Kependidikan > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan |
Depositing User: | LIBRARY UNDARIS - |
Date Deposited: | 31 Dec 2022 03:49 |
Last Modified: | 31 Dec 2022 03:49 |
URI: | http://repository.undaris.ac.id/id/eprint/780 |
Actions (login required)
View Item |