STRATEGI PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI PELAYANAN KANTOR DESA MENGGUNAKAN ANALISIS SWOT (Studi Kasus di Kantor Desa Klepu

Arga, Isfana (2022) STRATEGI PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI PELAYANAN KANTOR DESA MENGGUNAKAN ANALISIS SWOT (Studi Kasus di Kantor Desa Klepu. Masters thesis, UNDARIS.

[img] Text (SKRIPSI BENTUK SOFTCOPY PDF)
SKRIPSI ARGA ISFANA.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
JURNAL SKRIPSI ARGA.pdf

Download (302kB)

Abstract

ABSTRAK Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik SPBE merupakan upaya pemerintah dalam mengembangkan penyelenggaraan pemerintah berbasis elektronik dengan tujuan untuk peningkatan pelayanan (Khoirunnisa et al., 2020). Untuk mengoprasikan alat elektronik juga dibutuhkan sumber daya manusia yang mumpuni (Widya Kurniati Mohi, 2018). Permasalahan yang terjadi di kantor Desa Klepu yaitu pegawai yang belum bisa memaksimalkan sistem SMARD dengan yang menyebabkan masyarakat harus datang secara langsung dan informasi mengenai pembuatan surat keperluan yang dibutuhkan tidak sampai ke masyarakat serta adanya pegawai yang kurang bisa mengoprasikan komputer dengan benar sehingga masyarakat tidak puas dengan pelayanan yang diberikan. Di era globlalisasi yang semakin berkembang organisasi atau perusahaan sangat penting untuk meningkatkan sistem informasi dan sumberdaya manusia untuk mencapai target yang diinginkan. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor internal dan faktor eksternal yang ada di Kantor Desa Klepu serta untuk menentukan strategi yang diterapkan kantor Desa Klepu untuk mengembangkan sistem informasi dan sumberdaya manusia agar terjalinnya peningkatan kualtitas pelayanan publik. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualikatif. Sampel dalam penelitian ini dipilih menggunakan teknik sampling purposive yang bersifat snowball sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, kuisioner, dokumentasi dan melihat arsip-arsip yang ada di Kantor Desa Klepu. Dalam penelitian ini menggunakan metode analisis SWOT, yang digunakan untuk mengembangkan potensi pada organisasi serta untuk mengetahui faktor internal maupun faktor eksternal organisasi. Hasil analisis SWOT yang telah di lakukan pada Kantor Desa Klepu dapat di ketahui bahwa Kantor Desa Klepu berada diposisi kuadran I yang berarti mendukung strategi agresif yaitu strategi growth oriented strategy. Artinya Kantor Desa Klepu berada dalam kondisi untuk terus melakukan tindakan yang tujuan dari tindakan tersebut untuk memperluas peluang yang ada demi kemajuan kantor Desa Klepu yang berkelanjutan yaitu dengan mengoptimalkan sistem SMARD yang sudah diterapkan oleh kantor Desa Klepu semaksimal mungkin dan dibutuhkan pewagai yang dapat mengoprasikan komputer dengan baik sehingga kantor Desa Klepu dapat mencapai tujuan untuk mengembangkan SMARD menjadi Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik (SPBE) sehingga peningkatan dalam hal pelayanan kepada masyarakat dapat lebih di tingkatkan lagi secara maksimal karena masyarakat dapat membuat keperluan yang dibutuhkan melalui online. Kata kunci : Sistem Informasi, Sumber Daya Manusia, kualitas pelayanan, pelayanan publik, analisis SWOT iv ABSTRACT The SPBE Electronic-Based Government System is a government effort to develop electronic-based government administration with the aim of improving services (Khoirunnisa et al., 2020). Skilled workers are also needed to operate electronic devices (Widya Kurniati Mohi, 2018). The problems encountered in the Klepu Village office are employees who have not been able to maximize the SMARD system, resulting in the community having to come directly and information about preparing the required letter of interest does not reach the community , and there are employees who do not know how to operate computers properly, so people are not satisfied with the services provided. In the age of globalization, it is very important for organizations or companies to improve information systems and human resources in order to achieve the desired goal. The purpose of this research is to determine the internal and external factors that exist in the Klepu Village Office and to determine the strategies that the Klepu Village Office uses to develop information systems and human resources in order to improve the quality of public services to enhance. This type of research uses qualitative research. The sample in this study was selected using a targeted sampling technique, namely snowball sampling. The data was collected through observation, interviews, questionnaires, documentation and reviewing the archives at the Klepu Village Office. This study employs the SWOT analysis method, which is used to develop the organization's potential and determine the organization's internal and external factors. The results of the SWOT analysis conducted at Klepu Village Office show that the Klepu Village Office is positioned in Quadrant I, which means that it supports an aggressive strategy, namely a growth-oriented strategy. This means that the Klepu Village Office is able to continue to take measures, the purpose of which is to expand the existing opportunities for sustainable development of the Klepu Village Office, namely by optimizing the SMARD system Klepu implemented by the Klepu Village Office as good as possible and it needs staff who can operate computers efficiently so that Klepu Village Office can achieve the goal of developing SMARD into an Electronic-Based Government System (SPBE) so that the service to the community can be improved be further improved to the maximum as the community can make the necessary requirements online. Keywords: information systems, human resources, quality of service, public services, SWOT analysis

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: DODI GITMI DWI RIANTO
Date Deposited: 06 Dec 2022 08:00
Last Modified: 06 Dec 2022 08:00
URI: http://repository.undaris.ac.id/id/eprint/739

Actions (login required)

View Item View Item