PENGARUH KUALITAS PRODUK, PROMOSI DAN PERSAINGAN TERHADAP VOLUME PENJUALAN DI SUSUKU CAFÉ UNGARAN

ANDI, SAPUTRA (2022) PENGARUH KUALITAS PRODUK, PROMOSI DAN PERSAINGAN TERHADAP VOLUME PENJUALAN DI SUSUKU CAFÉ UNGARAN. Masters thesis, UNDARIS.

[img] Text (SKRIPSI BENTUK SOFTCOPY PDF)
ANDI SAPUTRA SKRIPSI 2022.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Perkembangan bisnis dewasa ini berkembang sangat pesat. Setiap pelaku usaha pada tiap unit bisnis dituntut untuk selalu memiliki kepekaan terhadap perubahan-perubahan yang terjadi. Salah satu sektor usaha yang sedang mengalami penurunan yang signifikan, pada bulan Januari jumlah pendapatan sebesar 84% kemudian di bulan Juli menjadi 80%, dikarenakan bulan bulan tersebut diterapkannya kebijakan pembatasn sosial bersekala besar (PSBB) oleh pemerintah Faktor lain yang mempengaruhi penurunan penjualan adalah dengan banyak pesaing dari perusahaan sejenis yang bermunculan. Untuk mengatasi hal tersebut pihak Susuku Cafe Ungaran perlu mengetahui dan memperhatikan faktor faktor apa saja yang mempengaruhi volume penjualan.. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas produk, promosi, dan persaingan terhadap volume Penjualan Susuku Café Ungaran. Metodologi penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode survei. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan jumlah 100 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang diolah menggunakan SPSS versi 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas produk berpengaruh secara signifikansi terhadap volume penjualan di susuku café ungaran, hal ini dibuktikan dengan nilai thitung sebesar 3.620 dan nilai signifikansi sebesar 0,000. Promosi berpengaruh secara signifikansi terhadap volume penjualan di susuku café ungaran, hal tersebut dibuktikan dengan nilai thitung sebesar 3.187 dan nilai signifikansi sebesar 0,002. Persaingan berpengaruh secara signifikansi terhadap volume penjualan di susuku café ungran, hal tersebut dibuktikan dengan nilai thitung sebesar 7.110 dan nilai signifikansi sebesar 0,000. Sedangkan, berdasarkan hasil perhitungan statistik uji simultan, maka dapat disimpulkan bahwa kualitas produk, promosi dan persaingan berpengaruh secara simultan terhadap volume di susuku café ungaran, hal tersebut dibuktikan dengan nilai Fhitung sebesar 50.514 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 serta koefisien determinasi yakni 0,53 yang berarti bahwa volume penjualan dapat dijelaskan oleh variabel kualitas produk, promosi dan persaingan sebesar 47% sedangkan sisanya dijelaskan oleh variabel lainnya yang tidak terdapat dalam penelitian ini. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pengaruh positif signifikan antara kualitas produk (X1), promosi (X2), dan persaingan (X3) terhadap volume penjualan (Y) di susuku café ungaran baik secara parsial maupun simultan. Semakin meningkat kualitas produk semakin meningkat volume penjualan, semakin meningkat promosi semakin meningkat volume penjualan, semakin meningkat persaingan semakin meningkat penjualan. Hasil ini dapat dijadikan rujukan bagi susuku café ungaran agar dapat meningkatkan kualitas produk, promosi, dan persaingan sehingga penjualan juga akan meningkat. Kata Kunci : Kualitas Produk, Promosi, Persaingan dan Volume Penjualan v ABSTRACT Today's business development is growing very rapidly. Every business actor in each business unit is required to always have sensitivity to changes that occur. One of the business sectors that is experiencing a significant decline, in January the total income was 84% and then in July it was 80%, due to the implementation of the large-scale social restriction (PSBB) policy by the government. Many competitors from similar companies have sprung up. To overcome this problem, Susuku Cafe Ungaran needs to know and pay attention to what factors affect sales volume. The purpose of this study is to determine the effect of product quality, promotion, and competition on the sales volume of Susuku Café Ungaran. The research methodology used is quantitative research using survey methods. The sampling technique used purposive sampling with a total of 100 respondents. The data collection technique used a questionnaire which was processed using SPSS version 23. The results showed that product quality had a significant effect on sales volume at Susuku Café Ungaran, this was evidenced by the t_count value of 3.620 and the significance value of 0.000. Promotion has a significant effect on sales volume at Susuku Café Ungaran, this is evidenced by the t_count value of 3.187 and a significance value of 0.002. Competition has a significant effect on sales volume at Susuku Café Ungran, this is evidenced by the t_count value of 7.110 and the significance value of 0.000. Meanwhile, based on the results of the statistical calculation of the simultaneous test, it can be concluded that product quality, promotion and competition have a simultaneous effect on the volume in Susuku Café Ungaran, this is evidenced by the F_count value of 50.514 and the significance value of 0.000 and the coefficient of determination of 0.53 which means that sales volume can be explained by the variables of product quality, promotion and competition by 47% while the rest is explained by other variables not included in this study. The conclusion of this study is that there is a significant positive effect between product quality (X1), promotion (X2), and competition (X3) on sales volume (Y) at Susuku Café Ungaran either partially or simultaneously. The more product quality increases, the sales volume increases, the promotion increases the sales volume increases, the competition increases the sales increase. These results can be used as a reference for Susuku Café Ungaran in order to improve product quality, promotion, and competition so that sales will also increase. Keywords: Product Quality, Promotion, Competition and Sales Volume

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Users 63 not found.
Date Deposited: 06 Dec 2022 07:20
Last Modified: 06 Dec 2022 07:20
URI: http://repository.undaris.ac.id/id/eprint/737

Actions (login required)

View Item View Item