PENGARUH PENDIDIKAN MADRASAH DINIYAH ISLAMIYYAH GROBOGAN TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS ANAK USIA 7-12 TAHUN PADA TAHUN AJARAN 2021/ 2022

Shella, Shalza Billa (2022) PENGARUH PENDIDIKAN MADRASAH DINIYAH ISLAMIYYAH GROBOGAN TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS ANAK USIA 7-12 TAHUN PADA TAHUN AJARAN 2021/ 2022. Masters thesis, UNDARIS.

[img] Text (SKRIPSI BENTUK SOFTCOPY PDF)
SKRIPSI Shella Shalza Billa.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK SHELLA SHALZA BILLA. Pengaruh Pendidikan di Madrasah Diniyah Islamiyah Grobogan Terhadap Pembentukan Karakter Religius Anak Usia 7-12 Tahun Pada Tahun Ajaran 2021/2022. Skripsi. Ungaran Prodi Pendidikan Agama Islam FAI UNDARIS, 2022. Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena akhir zaman yang ditunjukkan dengan adanya krisis religius, terutama pada anak-anak usia sekolah dan dimana peranan lembaga keagamaan seperti madrasah diniyah menghadapi permaslahan tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui pendidikan di Madrasah Diniyah Islamiyyah Grobogan; (2) untuk mengetahui karakter religius anak usia 7-12 tahun di Madrasah Diniyah Islamiyyah Grobogan; (3) untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh pendidikan di Madrasah Diniyah Islamiyyah Grobogan terhadap pembentukan karakter religius anak usia 7-12 tahun pada tahun ajaran 2021/2022. Penelitian ini adalah penelitian yang bersifat kuantitatif. Lokasi penelitian ini di Madrasah Diniyah Islamiyyah Grobogan. Variabel dalam penelitian ini yaitu pendidikan di Madrasah Madrasah Diniyah Islamiyyah Grobogan (x) dan pembentukan karakter religius (y). Sampling dalam penelitian berjumlah 60 responden. Teknik pengumpula data dalam penelitian ini menggunakan metode angket. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Pendidikan di Madrasah Diniyah Islamiyyah Grobogan dapat ditafsirkan atau dijelaskan bahwa nilai rata-rata menunjukkan 39,23 artinya berdasarkan nilai interval tergolong baik; (2) Karakter religius anak usia 7-12 tahun di Madrasah Diniyah Islamiyyah Grobogan dapat dijelaskan bahwa nilai rata-rata menunjukkan 37,91 artinya berdasarkan nilai interval tergolong baik; (3) Ada pengaruh antara pendidikan di Madrasah Diniyah Islamiyyah Grobogan terhadap pembentukan karakter religius anak usia 7-12 tahun pada tahun ajaran 2021/2022 dari hasil perhitungan r menunjukkan 0,429. Artinya berdasarkan tabel r product moment berada pada koefisien korelasi “cukup kuat”. Dengan demikian, semakin baik pendidikan di Madrasah Diniyah Islamiyyah Grobogan maka pembentukan karakter religius pada anak usia 7-12 tahun akan semakin baik, begitu pula sebaliknya. Kata kunci: Pendidikan, Pembentukan karakter religius

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam
Depositing User: DODI GITMI DWI RIANTO
Date Deposited: 24 Nov 2022 15:23
Last Modified: 24 Nov 2022 15:41
URI: http://repository.undaris.ac.id/id/eprint/725

Actions (login required)

View Item View Item