Upaya Guru dalam Mencegah Dehumanisasi Pendidikan Melalui Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas VIII di MTs Hasyimiyah Kalisidi Ungaran Kab. Semarang Tahun Pelajaran 2021/2022

Ajeng, Arinendy (2022) Upaya Guru dalam Mencegah Dehumanisasi Pendidikan Melalui Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas VIII di MTs Hasyimiyah Kalisidi Ungaran Kab. Semarang Tahun Pelajaran 2021/2022. Masters thesis, UNDARIS.

[img] Text (skripsi bentuk softcopy PDF)
SKRIPI Ajeng Arinendya.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK AJENG ARINENDYA. Upaya Guru dalam Mencegah Dehumanisasi Pendidikan Melalui Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas VIII di MTs Hasyimiyah Kalisidi Ungaran Kab. Semarang Tahun Pelajaran 2021/2022. Dehumanisasi Pendidikan masih menjadi topik hangat yang sering dibicarakan. perilaku dehumanisasi sering terjadi di bidang pendidikan, maka pembelajaran akidah akhlak sebagai salah satu pendidikan karakter tentunya harus turut andil dalam mengurangi dehumanisasi yang terjadi. Nilai-nilai humanistis merupakan sebuah pedoman yang digunakan untuk menata perilaku manusia berdasarkan aliran humanisme demi mewujudkan manusia yang berkarakter humanis. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mengetahui penanaman nilai humanisme pada siswa kelas VIII melalui mata pelajaran akidah akhlak(2) Mengetahui upaya guru dalam mencegah dehumanisasi pendidikan melalui mata pelajaran akidah akhlak pada siswa kelas VIII. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif Sumber data berasal dari sumber data primer dan sekunder. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknis analisanya dengan cara mereduksi data, display data dan mengambil kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan (1)Nilai-nilai humanistis yang ditanamkan di MTs Hasyimiyah Kalisidi terutama melalui pembelajaran akidah akhlak adalah sebagai berikut a) Nilai nasionalisme; b)Nilai keagamaan; c) Nilai solidaritas; d) Nilai toleransi; dan e) Nilai Sosial. (2)upaya guru dalam mencegah terjadinya dehumanisasi pendidikan adalah dengan a) tidak melakukan pengelompokan akademis; b) tidak mebeda-bedakan siswa; c)guru menjadi contoh baik untuk bersikap humanis. Kata Kunci: Dehumanisasi, Nilai, MTs Hasyimiyah Kalisidi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam
Depositing User: DODI GITMI DWI RIANTO
Date Deposited: 24 Nov 2022 07:58
Last Modified: 24 Nov 2022 07:58
URI: http://repository.undaris.ac.id/id/eprint/723

Actions (login required)

View Item View Item