PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI DENGAN MEDIA GAMBAR SERI PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 KALIMARO KECAMATAN KEDUNGJATI KABUPATEN GROBOGAN

Desy, Ratna Putri (2020) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI DENGAN MEDIA GAMBAR SERI PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 KALIMARO KECAMATAN KEDUNGJATI KABUPATEN GROBOGAN. Other thesis, UNDARIS.

[img] Text (SKRIPSI FKIP PGSD)
SKRIPSI DESY RATNA PUTRI-dikonversi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Ratnaputri, Desy .2020. Peningkatan keterampilan menulis karangan narasi dengan media gambar seri pada kelas IV SD Negeri 2 Kalimaro Kecamatan Kedungjati Kabupaten Grobogan. Skripsi, Program studi pendidikan guru sekolah dasar, fakultas keguruan dan ilmu pendidikan, Universitas Darul Ulum Islamic Centre Sudirman GUPPI Ungaran. Pembimbing utama Drs. Moh Fakih, M.Si. pembimbing pendamping Atrianing Yessi Wijayanti, S.Pd, M.Pd. Penelitian ini di latar belakangi rendahnya keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas IV SD Negeri 2 Kalimaro Kecamatan Kedungjati Kabupaten Grobogan. Rumusan masalah adalah apakah media gambar seri dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi pada siswa kelas IV SD Negeri 2 Kalimaro Kecamatan Kedungjati Kabupaten Grobogan. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui peningkatan keterampilan menulis karangan narasi dengan menggunakan media gambar seri pada siswa kelas IV SD Negeri 2 Kalimaro Kecamatan Kedungjati Kabupaten Grobogan. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian tindakan kelas dengan menggunakan media gambar seri. Penelitian dilakukan pada tanggal 27 januari dan 7 februari 2020 di SD Negeri 2 Kalimaro. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media gambar seri dapat meningkatkan hasil keterampilan menulis dalam pembelajaran Bahasa Indonesia pada siswa kelas IV SD Negeri 2 Kalimaro Kecamatan Kedungjati Kabupaten Grobogan. Hal ini dapat ditunjukkan dengan adanya peningkatan belajar Bahasa Indonesia kelas IV data dapat diperoleh pada setiap siklusnya, dinyatakan dengan nilai pada siklus I siswa tuntas sebanyak 18 siswa atau 72%. Siswa yang tidak tuntas sebanyak 7 siswa atau 28% dengan nilai klasikal 72% dan nilai rata-rata pada siklus I sebesar 66. Sedangkan pada siklus II yang tuntas sebanyak 25 siswa atau 100% dengan nilai klasikal 100% dan nilai rata-rata pada siklus II sebesar 84%. Bderdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa keterampilan menulis karangan dengan media gambar seri dapat meningkat dengan peningkatan sebesar 28%. Kata kunci : Peningkatan menulis karangan narasi , media gambar seri. v ABSTRACT Ratnaputri, Desy .2020. Increased narrative essay writing skills with serial image media in class IV SD Negeri 2 Kalimaro Kedungjati District Grobogan Regency. Thesis, Study Program for Elementary School Teacher Education, Faculty of Teacher Training and Education, University of Darul Ulum Islamic Center Sudirman GUPPI Ungaran. The main supervisor Drs. Moh Fakih, M.Si. advisor at Atrianing Yessi Wijayanti, S.Pd, M.Pd. This research is due to the lack of narrative essay writing skills of fourth grade students of SD Negeri 2 Kalimaro, Kedungjati District, Grobogan Regency. The formulation of the problem is whether the series drawing media can improve narrative essay writing skills in fourth grade students of SD Negeri 2 Kalimaro Kedungjati District Grobogan Regency. The purpose of this research is to find out the improvement of narrative essay writing skills by using series drawing media for grade IV students of SD Negeri 2 Kalimaro, Kedungjati District, Grobogan Regency. This type of research is a classroom action research using serial image media. The study was conducted on 27 January and 7 February 2020 in SD Negeri 2 Kalimaro. The results showed that the use of series image media could improve the results of writing skills in Indonesian language learning in fourth grade students of SD Negeri 2 Kalimaro, Kedungjati District, Grobogan Regency. This can be demonstrated by an increase in Indonesian Language learning class IV data can be obtained in each cycle, said with a value in the first cycle of students as many as. Keywords: Improved narrative essay writing, media image series.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Kependidikan > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: DODI GITMI DWI RIANTO
Date Deposited: 11 Jan 2022 05:58
Last Modified: 13 Jan 2022 04:27
URI: http://repository.undaris.ac.id/id/eprint/616

Actions (login required)

View Item View Item