UNSPECIFIED, ed. (2018) IMPLEMENTASI PENELITIAN TINDAKAN KELAS. Penelitian Tindakan Kelas, cet.1 . Badan Penerbitan Universitas Stikubank (BP-UNISBANK) Semarang, Semarang. ISBN 978-602-9026-17-7
Text
Buku, Implementasi PTK, Ber-ISBN, Unisbank Pers, Lamijan, 2018.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) di Perguruan Tinggi merupakan wahana untuk melakukan perbaikan, peningkatan, dan perubahan dalam pembelajaran sebagaimana yang dikehendaki oleh dosen, dengan tujuan proses pembelajaran semakin efektif dan efisien, serta hasil pembelajaran semakin berkualitas. Dalam konteks perkuliahan di pergruan tiinggi, dosen diberikan kesempatan yang luas untuk melaksanakan dan menerapkan hasil PTK guna meningkatkan kualitas proses pembelajaran. Misalnya, pemanfaatan isi kontrak perkuliahan, apakah dapat meningkatkan keseriusan dan disiplin mahasiswa dalam belajar, sehingga tidak ada mahasiswa yang terlambat menyelesaikan tugas dan/atau dapat mempercepat penyelesaian studi? Penerapan cara belajar “problem based learning”, apakah dapat meningkatkan kemampuan dalam pemecahan masalah secara sistematis dan meningkatkan kualitas hasil belajar atau indeks prestasi akademik? Melalui PTK yang dilakukan oleh dosen dalamupaya peningkatan kualitas pembelajaran akan diperoleh berbagai keuntungan, antara lain: 1. Secara langsung terjadi perbaikan, peningkatan atau perubahan yang diharapkan dapat dirasakan dan dinikmati oleh mahasiswa. 2. Dosen bertambah kemampuan keterampilannya dalam proses pembelajaran, sehingga akan merasa lebih mantap dalam mengajar. 3. Model pembelajaran yang ditemukan dalam elaksanakan PTK dapat didiseminasikan (disebarluaskan) kepada kolega dosen 94 lain yang ingin menerapkan pembelajaran dalam mata kuliah yang sama atau berbeda.
Item Type: | Book |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Hukum > S2 Ilmu Hukum |
Depositing User: | UPT Perpustakaan Undaris |
Date Deposited: | 20 Dec 2021 07:04 |
Last Modified: | 20 Dec 2021 07:04 |
URI: | http://repository.undaris.ac.id/id/eprint/603 |
Actions (login required)
View Item |