ANALISIS KETERAMPILAN GURU KELASVMENGADAKAN VARIASI DALAM PEMBELAJARAN TEMATIKDI SDNNGARGOLOKA KECAMATAN GLADAGSARI KABUPATEN BOYOLALI

NITASARI SEPTI HERMAYANI, NITASARI SEPTI HERMAYANI (2023) ANALISIS KETERAMPILAN GURU KELASVMENGADAKAN VARIASI DALAM PEMBELAJARAN TEMATIKDI SDNNGARGOLOKA KECAMATAN GLADAGSARI KABUPATEN BOYOLALI. Undergraduate (Sarjana S1) thesis, UPT. Perpustakaan Undaris.

[img] Text
2. SKRIPSI NITA.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Hermayani, Septi Nitasari. 2023 Analisis Keterampilan Guru Kelas V mengadakan Varasi dalam Pembelajaran Tematik di SDN Ngargoloka Kecamatan Gladagsari Kabupaten Boyolali. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Darul Ulum Islamic Centre Sudirman GUPPI Ungaran. Pembimbing Utama: Puji Winarti, M.Pd dan Dosen Pendamping: Yogi Ageng Sri Legowo, M.Pd. Keterampilan variasi guru merupakan bagian dari keterampilan dasar mengajar. Perannya sangat penting yaitu pendidik harus menguasainya, karena dengan adanya variasi maka proses pembelajaran akan lebih bermakna. Maka dari itu fokus dari penelitian ini yaitu Menganalisis keterampilan guru mengadakan variasi yang meliputi variasi gaya mengajar, variasi media, dan variasi pola interaksi di kelas V dalam pembelajaran Tematik di SDN Ngargoloka Kecamatan Gladagsari Kabupaten Boyolali . Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dan data penelitian dianalisis secara deskriptif, dengan Teknik pengumpulan datanya adalan wawancara yang dilakukan dengan kepala sekolah SDN Ngargoloka, observasi guru kelas V mengenai keterampilan mengadakan variasi, dan yang terakhir dengan penyebaran angket yang ditujukan untuk siswa kelas V. Dari pengumpulan data didapatkan hasil bahwa keterampilan guru kelas V dalam mengadakan variasi sudah dilakukan. Variasi gaya mengajar guru kelas V dikatakan baik dan bervariatif, karena hampir semua indikator variasi gaya mengajar sudah dilaksanakan, keterampilan guru dalam mengadakan variasi yang sudah dilakukan seperti variasi suara, kesenyapan, gestur, pemusatan perhatian, kontak pandang, dan bantuan alat media pembelajaran yang digunakan seperti peta, globe, sumber buku, LCD, dan HandPhone serta pola interaksi. Dan hampir semua variasi guru sudah diterapkan dan dilaksanakan dengan baik. Kendala-kendala yang dialami guru dalam menerapkan keterampilan mengadakan variasi yaitu guru mengalami kebingungan dalam menjelaskan materi tematik yang menggabungkan beberapa materi dalam satu waktu, kemudian karakter siswa yang berbeda seperti pada saat guru memberikan waktu untuk berdiskusi hanya ada beberapa siswa saja yang bekerja dan yang lain hanya mengobrol denggan teman yang lain dan ramai sendiri tentunya menjadi penghambat dalam melaksanakan pembelajaran, dan keterbatasan sarana prasarana alat peraga dan media disekolah tersebut juga menjadi penghambat dalam melakukan pembelajaran. Kata kunci : analisis, keterampilan guru, variasi guru, pembelajaran tematik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (Sarjana S1))
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Kependidikan > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: SE Novita Rahayu
Date Deposited: 04 Nov 2025 04:24
Last Modified: 04 Nov 2025 04:24
URI: http://repository.undaris.ac.id/id/eprint/2245

Actions (login required)

View Item View Item