LIA AMELIA, LIA AMELIA (2025) PENGARUH KOMPETENSI GURU PENDIDIKAN PANCASILA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 MRANGGEN KECAMATAN MRANGGEN KABUPATEN DEMAK. Undergraduate (Sarjana S1) thesis, UPT. Perpustakaan Undaris.
| ![[img]](http://repository.undaris.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text 25. LIA AMELIA.pdf Download (2MB) | 
Abstract
ABSTRAK Amelia, lia . 2025. Pengaruh Kompetensi Guru Pendidikan Pancasila Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Negri 1 Mranggen Kecamatan Mranggen Kabupaten Demak. Skripsi, Program Studi Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Universitas Darul Ulum Islamic Centre Sudirman GUPPI Unggaran. Pembimbing Utama Drs. Abdul Karim, M.H., Pembimbing Pendamping M. Lutfi Baehaqi S.Pd., M.Pd. Penelitiaan ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila. Rumusan masalah pada penelitian ini adakah pengaruh Kompetensi Guru terhadap hasil belajar murid di SMPN 1 Mranggen Kecamatan Mranggen Kabupaten Demak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Kompetensi Guru terhadap hasil belajar murid SMPN 1 Mranggen Kecamatan Mranggen Kabupaten Demak. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negri 1 Mranggen Kecamatan Mranggen Kabupaten Demak dengan jumlah populasi 320 siswa. Teknik sampling yang diterapkan adalah cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumen, sedangkan analisis data menggunakan uji normalitas, teknik korelasi, uji determinasi, persamaan dan uji signifikansi regresi, serta uji F dengan bantuan program SPSS 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kompetensi Guru tidak ada pengaruh yang signifikan terhadap Hasil Belajar Siswa, hal ini ditunjukkan dengan nilai signifikansi sebesar 0,117 yang lebih besar dari 0,05 (0,117 > 0,05). Kompetensi Guru hanya berkontribusi sebesar 3,9%, sebagaimana ditunjukkan oleh nilai koefisien determinasi sebesar 0,039. Selain itu, hasil uji F menunjukkan nilai sebesar 2,533 dengan nilai signifikansi 0,117, di mana nilai signifikansi tersebut lebih besar dari alfa 0,05 (0,117 > 0,05). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa Kompetensi Guru tidak berpengaruh secara signifikan terhadap Hasil Belajar Siswa, meskipun arah hubungan menunjukkan kecenderungan positif. Saran yang peneliti ajukan antara lain; Guru disarankan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran melalui metode yang lebih variatif, strategi yang menarik, dan interaksi; Siswa diharapkan lebih aktif dan mandiri dalam belajar, meningkatkan motivasi, memanfaatkan sumber belajar tambahan. Kata Kunci : Kompetensi Guru, Hasil belajar dan Pendidikan Pancasila.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate (Sarjana S1)) | 
|---|---|
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education | 
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Kependidikan > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar | 
| Depositing User: | SE Novita Rahayu | 
| Date Deposited: | 29 Oct 2025 08:09 | 
| Last Modified: | 29 Oct 2025 08:09 | 
| URI: | http://repository.undaris.ac.id/id/eprint/2242 | 
Actions (login required)
|  | View Item | 
 
        