PERAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN PAI DI KELAS X DKV 2 SMK NEGERI H.MOENADI KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2025/2026

ARINA MANASIKANA, ARINA MANASIKANA (2025) PERAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN PAI DI KELAS X DKV 2 SMK NEGERI H.MOENADI KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2025/2026. Undergraduate (Sarjana S1) thesis, UPT. Perpustakaan Undaris.

[img] Text
25. Arina Manasikana-21610029.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK ARINA MANASIKANA. Peran Kompetensi Pedagogik Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran PAI di Kelas X DKV 2 SMK Negeri H. Moenadi Kabupaten Semarang Tahun Pljaran 2025/2026 . Skripsi. Ungaran Prodi Pendidikan Agama Islam FAI UNDARIS 2025. Fenomena sekolah berbasis kejuruan atau SMK pada umumnya tidak begitu memperhatikan aspek religius pada warga sekolah nya. SMK dikenal hanya berfokus pada pengembangan skill siswanya. Keberadaan guru Pendidikan Agama Islam dengan kompetensi pedagogik diharapkan dapat membantu meningkatkan kualitas pembelajaran PAI di sekolah di mana ia berada. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui peran kompetensi pedagogik guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kualitas pembelajaran PAI di SMK Negeri H. Moenadi Kabupaten Semarang Tahun; (2) Untuk mengetahui strategi dalam meningkatkan kualitas pembelajaran PAI di SMK Negeri H. Moenadi Kabupaten Semarang Tahun; (3) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam menerapakan kompetensi pedagogik di SMK Negeri H. Moenadi Kabupaten Semarang Tahun. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, yaitu suatu penelitian yang ditujukan untuk mendeskripsikan dan menganalisis fenomena, peristiwa, aktifitas sosial, sikap, kepercayaan, persepsi, dan pemikiran orang secara individual maupun kelompok. Sumber data berasal dari data primer dan skunder. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknis analisis datanya dengan cara mereduksi data, display data dan mengambil kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran kompetensi pedagogik guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kualitas pembelajaran PAI di SMK Negeri H. Moenadi Kabupaten Semarang adalah: (1) Peran kompetensi pedagogik guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan kualitas pembelajaran PAI antara lain sebagai guru penggerak dan juga berperan dalam penentuan strategi dalam meningkatkan budaya religius. (2) Strategi dalam meningkatkan kualitas pembelajaran PAI di SMK Negeri H. Moenadi Kabupaten Semarang antara lain melalui kegiatan keislaman. (3) Dalam menerapkan kompetensi pedagogik terdapat faktor pendukung dan penghambat. Faktor pendukungnya adalah peran kepala sekolah dalam penjaminan akses fasilitas, guru pendidikan agama Islam yang menjadi teladan bagi warga sekolah Adapun faktor penghambatnya antara lain wali murid yang kurang terlibat dalam kegiatan pendidikan anak dan peserta didik yang kurang disiplin. Kata kunci: Peran Kompetensi Pedagogik Guru PAI, Meningkatkan Kualitas Pembelajaran PAI.

Item Type: Thesis (Undergraduate (Sarjana S1))
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: SE Novita Rahayu
Date Deposited: 11 Oct 2025 07:20
Last Modified: 11 Oct 2025 07:20
URI: http://repository.undaris.ac.id/id/eprint/2215

Actions (login required)

View Item View Item