PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN WORDWALL SEBAGAI EVALUASI PEMBELAJARAN PADA SANTRI TPA AL-HIJRAH KELURAHAN SUMURBOTO KECAMATAN BANYUMANIK SEMARANG 2024/2025

Annisa Nur Izza Isnaini Syifa, Annisa Nur Izza Isnaini Syifa (2025) PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN WORDWALL SEBAGAI EVALUASI PEMBELAJARAN PADA SANTRI TPA AL-HIJRAH KELURAHAN SUMURBOTO KECAMATAN BANYUMANIK SEMARANG 2024/2025. Undergraduate (Sarjana S1) thesis, UPT. Perpustakaan Undaris.

[img] Text
24. Annisa Nur Izza Isnaini Syifa-21610058.pdf

Download (1MB)
[img] Text
24. Annisa Nur Izza Isanaini Syifa-21610058.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK ANNISA NUR IZZA ISNAINI SYIFA. Pemanfaatan Media Pembelajaran Wordwall sebagai Evaluasi Pembelajaran pada Santri TPA Al-Hijrah Sumurboto Kecamatan Banyumanik Semarang 2024/2025. Skripsi. Ungaran Prodi Pendidikan Agama Islam FAI UNDARIS 2025. Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) Untuk mengetahui pemanfaatan media pembelajaran Wordwall pada santri TPA Hidayatuttholab kecamatan banyumanik kelurahan sumurboto tahun 2024 (2) Untuk mengetahui evaluasi pembelajaran pada santri TPA Hidayatuttholab kecamatan banyumanik kelurahan sumurboto 2024 (3) Untuk mengetahui pemanfaatan media pembelajaran Wordwall sebagai evaluasi pembelajaran santri TPA Hidayatuttholab kecamatan banyumanik kelurahan sumurboto. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. yaitu suatu penelitian yang ditujukan untuk mendeskripsikan dan menganalisis fenomena, peristiwa, aktifitas social, sikap, kepercayaan, persepsi, dan pemikiran orang secara individual maupun kelompok. Sumber data berasal dari data primer dan skunder. Pengumpulan data melalui observasi, interview dan dokumentasi. Teknis analisis datanya dengan cara mereduksi data, display data dan mengambil kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa evaluasi melalui Wordwall TPA Al Hijrah kecamatan sumurboto kelurahan banyumanik adalah: (1) Pemanfaatan media Wordwall di TPA Al-Hijrah efektif meningkatkan kualitas pembelajaran dengan membuat santri lebih aktif, termotivasi, dan mudah memahami materi melalui metode yang menyenangkan dan bervariasi. (2) Evaluasi di TPA dilakukan sekitar tiga kali seminggu menyesuaikan kondisi santri, agar mereka tetap nyaman namun tetap dapat diketahui sejauh mana pemahaman terhadap materi. (3) Penggunaan media Wordwall dalam evaluasi di TPA Al-Hijrah membuat pembelajaran lebih menarik, interaktif, dan menyenangkan sehingga santri termotivasi, tidak cepat bosan, dan lebih mudah memahami materi. Kata kunci: Media Pembelajaran, Evaluasi melalui Wordwall

Item Type: Thesis (Undergraduate (Sarjana S1))
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ISYA YULISTIAWAN isyayulistiawan777@gmail.com
Date Deposited: 11 Oct 2025 04:56
Last Modified: 11 Oct 2025 05:08
URI: http://repository.undaris.ac.id/id/eprint/2209

Actions (login required)

View Item View Item