HAFIDUN NISA’I, HAFIDUN NISA’I (2025) ENINGKATAN HASIL BELAJAR MEMBACA PEMAHAMAN PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN MEDIA POHON LITERASI SISWA KELAS 2 DI SDN NGESREP 03 KECAMATAN BANYUMANIK KOTA SEMARANG. Undergraduate (Sarjana S1) thesis, UPT. Perpustakaan Undaris.
![]() |
Text
22. HAFIDUN NISA'I - 19320024.pdf Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK Nisa’i, Hafidun. 2025. Peningkatan Hasil Belajar Membaca Pemahaman pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia dengan Media Pohon Literasi Siswa Kelas 2 di SDN Ngesrep 03 Kecamatan Banyumanik Kota Semarang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Darul Ulum Islamic Centre Sudirman GUPPI Ungaran. Pembimbing Utama: Atrianing Yessi Wijayanti, S.Pd., M.Pd. Pembimbing Pendamping: Ridha Sarwono, S.Sn., M.Pd. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya nilai hasil belajar membaca pemahaman pada mata pelajaran Bahasa Indonesia, aktivitas belajar siswa rendah dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dan keterampilan guru dalam mengajar rendah hanya menggunakan metode ceramah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah penggunaan media Pohon Literasi dapat meningkatkan hasil belajar membaca pemahaman siswa kelas 2 pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di SDN Ngesrep 03, Kecamatan Banyumanik, Kota Semarang?. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar membaca pemahaman siswa kelas 2 pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di SDN Ngesrep 03, Kecamatan Banyumanik, Kota Semarang, melalui penggunaan media Pohon Literasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II SDN Ngesrep 03, Kecamatan Banyumanik, Kota Semarang berjumlah 28 siswa. Penelitian ini dilakukan pada 11 Februari dan 18 Februari 2025 di SDN Ngesrep 03. Instrumen penelitian ini adalah (1) tes untuk mengukur hasil belajar siswa kelas II, (2) non tes berupa lembar observasi untuk mengamati keterampilan guru mengajar dan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran. Teknik analisis data menggunakan analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa setelah diterapkannya media Pohon Literasi. Hal ini dibuktikan dengan perolehan pada pra-siklus, hanya 43% (12 siswa) yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Setelah siklus pertama, persentase ketuntasan meningkat menjadi 75% (22 siswa), keterampilan guru mengajar 54 (terampil/ aktif), aktifitas belajar siswa 51 (baik). Siklus kedua mencapai 100% (28 siswa), keterampilan guru mengajar 80 (sangat terampil/ sangat aktif), . Peningkatan ini menunjukkan bahwa penggunaan media Pohon Literasi dapat meningkatkan pemahaman membaca siswa dengan membuat pembelajaran lebih interaktif dan menarik. Kata kunci: hasil belajar, membaca pemahaman, media Pohon Literasi, penelitian tindakan kelas.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (Sarjana S1)) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Kependidikan > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | ISYA YULISTIAWAN isyayulistiawan777@gmail.com |
Date Deposited: | 11 Oct 2025 04:27 |
Last Modified: | 11 Oct 2025 04:27 |
URI: | http://repository.undaris.ac.id/id/eprint/2205 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |