ISTIQOMATUL HIDAYAH, ISTIQOMATUL HIDAYAH (2025) PENGARUH PEMBIASAAN ISLAMI PAGI HARI TERHADAP SIKAP PLURALISME SISWA LAKI LAKI DAN PEREMPUAN DI MADRASAH TSANAWIYAH AMAL SHOLEH GETASAN TAHUN PELAJARAN 2024 / 2025. Undergraduate (Sarjana S1) thesis, UPT. Perpustakaan Undaris.
![]() |
Text
23. Istiqomah Hidayah - 19610020.pdf Download (11MB) |
Abstract
ABSTRAK Istiqomatul Hidayah. Pengaruh Pembiasaan Islami Pagi hari terhadap Sikap Pluralisme Siswa Laki-laki dan Perempuan di Madrasah Tsanawiyah Amal Sholeh Getasan Tahun 2024/2025. Skripsi. Ungaran Prodi Pendidikan Agama Islam FAI, UNDARIS, 2025. Pentingnya pembentukan karakter peserta didik melalui nilai-nilai Islami yang ditanamkan sejak dini, khususnya melalui pembiasaan Islami di pagi hari seperti shalat dhuha, doa bersama, dan tadarus. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Menganalisis pengaruh pembiasaan Islami pagi hari terhadap sikap pluralisme siswa di MTs Amal Sholeh; (2) Mengetahui apakah terdapat perbedaan signifikan antara sikap pluralisme siswa laki-laki dan perempuan di MTs Amal Sholeh setelah mengikuti pembiasaan Islami pagi hari; (3) Mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi perbedaan sikap pluralisme berdasarkan gender di MTs Amal Sholeh. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode komparatif. Data dikumpulkan melalui penyebaran angket berskala Likert kepada siswa MTs Amal Sholeh Getasan sebanyak 60 responden, terdiri dari 30 siswa laki laki dan 30 siswa perempuan. Metode pengolahan data menggunakan: observasi partisipatif, kuesione, Semi-terstruktur, dokumentasi. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan Uji Mann–Whitney U. Hasil penelitian menunjukkan: (1) pembiasaan Islami pagi hari berpengaruh secara positif terhadap sikap pluralisme siswa. Skor rata-rata berada pada kategori "baik" hingga "sangat baik" (rerata 3,7–4,3). Hal ini menunjukan bahwa nilai-nilai toleransi, keterbukaan, dan kerja sama sosial-budaya terbukti terinternalisasi melalui rutinitas religius yang dilakukan secara konsisten di pagi hari.; (2) Meskipun secara umum tidak ditemukan perbedaan signifikan pada sebagian besar indikator (16 dari 20 pernyataan, p > 0,05) menujukan antara siswa laki-laki dan perempuan, menandakan persepsi yang relatif setara, namun terdapat empat pernyataan (Q1, Q8, Q17, Q20) yang menunjukkan perbedaan signifikan (p ≤ 0,05) yang menunjukkan adanya perbedaan persepsi dalam hal penerimaan terhadap keberagaman, interaksi sosial, resolusi konflik, dan sikap adil. Siswa perempuan cenderung memiliki sikap pluralisme lebih tinggi, terutama dalam aspek afektif dan relasional, mengindikasikan adanya variasi persepsi berdasarkan gender; (3) faktor faktor yang mempengaruhi perbedaan sika pluralisnme antara lain: kedekatan spiritual individu, lingkungan keluarga, Pendekatan guru Pendidikan Agama Islam, budaya sekolah yang mendukung. Kata Kunci: Pembiasaan Islami, Pluralisme, Pendidikan Islam, Gender, Siswa Madrasah
Item Type: | Thesis (Undergraduate (Sarjana S1)) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | ISYA YULISTIAWAN isyayulistiawan777@gmail.com |
Date Deposited: | 10 Oct 2025 06:12 |
Last Modified: | 10 Oct 2025 06:12 |
URI: | http://repository.undaris.ac.id/id/eprint/2185 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |