Dwi Nanda Supriyadi, Dwi Nanda Supriyadi (2025) IMPLEMENTASI STRATEGI QUANTUM QUOTIENT MELALUI MEMORY MADNESS DALAM PEMBELAJARAN PAI DI SMK NEGERI 1 PRINGAPUS TAHUN AJARAN 2024/2025. Undergraduate (Sarjana S1) thesis, UPT. Perpustakaan Undaris.
![]() |
Text
21. Dwi Nanda-2160028.pdf Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK DWI NANDA SUPRIYADI. Implementasi Strategi Quantum Quotient melalu Memory Madness dalam Pembelajaran PAI di SMK Negeri 1 Pringapus Tahun Ajaran 2025/2025. Skripsi. Ungaran Program Studi Pendidikan Agama Islam FAI UNDARIS, 2024. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) mengetahui pemahaman siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 1 Pringapus. (2) mengetahui implementasi strategi quantum quotient dengan teknik permainan memory madness. (3 mengetahui faktor pendukung dan penghambat pada implementasi strategi quantum quotient melalui permainan memory madness pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 1 Pringapus. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deksriptif, yaitu suatu penelitian yang ditujukan untuk mendeskripsikan dan menganalisis fenomena, peristiwa, aktifitas sosial, sikap, persepsi, dan pemikiran orang secara individual maupun kelompok. Sumber data berasal dari data primer dan sekunder. Pengumpulan data melalui observasi, interview dan dokumentasi.. Teknis analisis dengan cara mereduksi data, penyajian data, mengambil kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pemahaman siswa dalam memahami Pendidikan Agama Islam masih kurang baik. meskipun diterapkan beberapa pembiasaan, karena pengajar masih menggunakan strategi konvensional. (2) implementasi strategi quantum quotient menggunakan teknik permainan memory madness pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam memanfaatkan daya ingat siswa dengan teknik meringkas dan teknik menghafal dengan memanfaatkan gambar ringkasan, objek, media gambar dengan menulis kembali Q.S al-Maidah/5:48 dan Q.S at-Taubah/9:10, Serta permainan jum quotient. (3) strategi quantum quotient melalui permainan memory madness terdapat faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan pembelajaran. Kata kunci: strategi quantum quotient, memory madness, pendidikan agama Islam
Item Type: | Thesis (Undergraduate (Sarjana S1)) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | ISYA YULISTIAWAN isyayulistiawan777@gmail.com |
Date Deposited: | 09 Oct 2025 08:19 |
Last Modified: | 09 Oct 2025 08:19 |
URI: | http://repository.undaris.ac.id/id/eprint/2176 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |