IMPLEMENTASI METODE QUDWAH PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN ISLAM MATERI AKHLAK DI KELAS X6 SMA NEGERI 2 UNGARAN TAHUN AJARAN 2025/2026

Kana Maulida Sofia, Kana Maulida Sofia (2025) IMPLEMENTASI METODE QUDWAH PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN ISLAM MATERI AKHLAK DI KELAS X6 SMA NEGERI 2 UNGARAN TAHUN AJARAN 2025/2026. Undergraduate (Sarjana S1) thesis, UPT. Perpustakaan Undaris.

[img] Text
19. Kana Maulida Sofia- 2160002.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK KANA MAULIDA SOFIA, Implementasi Metode Qudwah Pada Pembelajaran Pendidikan Islam Materi Akhlak Di Kelas X6 SMA N 2 Ungaran Tahun Ajaran 2025/2026. SKRIPSI. Ungaran Prodi Pendidikan Agama Islam FAI UNDARIS. 2025. SMA Negeri 2 Ungaran sebagai salah satu sekolah unggulan di Kabupaten Semarang tidak hanya berfokus pada prestasi akademik, tetapi juga pembentukan akhlak peserta didik. Namun, masih dijumpai fenomena menurunnya kualitas akhlak siswa, seperti kurang disiplin, kurang jujur, dan rendahnya sikap hormat terhadap guru. Kondisi ini menuntut adanya strategi pembelajaran yang efektif, salah satunya melalui penerapan metode Qudwah (keteladanan). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) implementasi metode Qudwah pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam materi akhlak di kelas X6 SMA Negeri 2 Ungaran Tahun Ajaran 2025/2026; (2) faktor pendukung dan penghambat implementasi metode tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan sumber data primer dan sekunder. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, lalu dianalisis melalui reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi metode Qudwah dilaksanakan melalui tiga tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Faktor pendukung meliputi: (a) komitmen guru dalam menjaga konsistensi keteladanan; (b) lingkungan sekolah kondusif dengan kegiatan keagamaan seperti tadarus, sholat dhuha, dan sholat berjama’ah; (c) dukungan sekolah melalui kebijakan berbasis karakter; (d) respon positif siswa yang merasa nyaman dan termotivasi; serta (e) keselarasan materi akhlak dengan kehidupan sehari-hari. Adapun faktor penghambatnya yaitu: (a) kesulitan guru menjaga konsistensi; (b) pengaruh negatif lingkungan luar seperti media sosial; (c) keterbatasan waktu pembelajaran PAI; dan (d) perbedaan karakter siswa. Dengan demikian, metode Qudwah terbukti efektif dalam membantu siswa memahami serta mempraktikkan nilai akhlak melalui keteladanan nyata dari guru maupun lingkungan sekolah. Kata Kunci: Implementasi Metode Qudwah, Pendidikan Agama Islam, Materi Akhlak

Item Type: Thesis (Undergraduate (Sarjana S1))
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ISYA YULISTIAWAN isyayulistiawan777@gmail.com
Date Deposited: 09 Oct 2025 07:55
Last Modified: 09 Oct 2025 07:55
URI: http://repository.undaris.ac.id/id/eprint/2171

Actions (login required)

View Item View Item