Melani, Melani (2025) UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SKI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT) SISWA KELAS V MIS ROUDLATUL MUTTAALIMIN SAMBIREJO TAHUN AJARAN 2024/2025. Undergraduate (Sarjana S1) thesis, UPT. Perpustakaan Undaris.
![]() |
Text
18. MELANI-21610086.pdf Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK Melani. Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar SKI Melalui Model Pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) Siswa Kelas V MIS Raudlatul Muttaalimin Sambirejo Tahun Pelajaran 2024/2025. Skripsi Prodi Pendidikan Agama Islam FAI Universitas Darul Ulum Islamic Centre Sudirman GUPPI (UNDARIS), 2025. Pentingnya model pembelajaran membawa peran penting dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Salah satunya adalah melalui penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament. Hal tersebut karena hasil pembelajaran SKI yang masih cukup rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) pada peserta didik kelas V MIS Roudlatul Muttaalimin. Selain itu juga untuk mengetahui apakah model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan prestasi belajar siswa Kelas V di MI Roudlatul Muttaalimin Tahun Pelajaran 2024/2025. Penelitian ini menggunakan Peneltian Tindakan Kelas (PTK) yang artinya penelitian yang dilakukan oleh guru dikelasnya sendiri dengan proses berdaur/siklus, dengan menggunakan metode tes, obsevasi, dan dokumentasi. Dalam setiap siklus terdiri dari perencanaan, aksi atau tindakan, observasi, dan refleksi, dengan tujuan memperbaiki kinerja sebagai guru sehingga hasil belajar siswa dapat meningkat. Penelitian Tindakan Kelas merupakan juga bagian dari metode kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi pelaksanaan model Pembelajaran Teams Games Tournament dilaksanakan dengan melakukan analisis kekurangan sebelum penerapan pembelajaran dengan model TGT, refleksi dan evaluasi pelaksanaan siklus I dan disempurnakan dengan pelaksanaan pada siklus II, yaitu dengan mengoptimalkan langkah-langkah model pembelajaran TGT. Prestasi Belajar siswa mengalami peningkatan melalui pembelajaran Teams Games Tournament. Ketuntasan klasikal pada siklus I mencapai 50%. Pada siklus II ketuntasan klasikal 81,25%. Hal tersebut menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament dapat meningkatkan hasil belajar SKI materi Khulafaur Rosyidin siswa kelas V MIS Roudlatul Muttaalimin Kecamatan Bringin Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2024/2025. Kata kunci: Model Teams Games Tournament (TGT), Prestasi, Belajar, SKI
Item Type: | Thesis (Undergraduate (Sarjana S1)) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | ISYA YULISTIAWAN isyayulistiawan777@gmail.com |
Date Deposited: | 09 Oct 2025 07:37 |
Last Modified: | 09 Oct 2025 07:37 |
URI: | http://repository.undaris.ac.id/id/eprint/2170 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |