Rika Maria, Rika Maria (2025) PERAN GURU PAI DALAM UPAYA MENCEGAH PAHAM EKSTREMISME PADA PESERTA DIDIK KELAS IX DI MTS NURUSSIBYAN KOTA SEMARANG TAHUN AJARAN 2024/2025. Undergraduate (Sarjana S1) thesis, UPT. Perpustakaan Undaris.
![]() |
Text
16. RIKA MARIA -2160036.pdf Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK RIKA MARIA. Peran Guru PAI Dalam Upaya Mencegah Paham Ekstremisme Pada Peserta Didik Kelas IX Di MTs Nurussibyan Kota Semarang Tahun Ajaran 2024/2025. Skripsi. Ungaran Prodi Pendidikan Agama Islam FAI UNDARIS, 2025. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui peran guru PAI dalam upaya mencegah paham ekstremisme pada peserta didik kelas IX di MTs Nurussibyan kota Semarang. (2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat guru PAI dalam upaya mencegah paham ekstremisme pada peserta didik kelas IX di MTs Nurussibyan kota Semarang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif melalui pendekatan studi kasus di MTs Nurussibyan. Data diperoleh dengan analisis (field research), menggunakan sumber data premier dan sekunder, pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian analisis data dilakukan dengan mereduksi data, display data dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam mencegah paham ekstremisme di MTs Nurussibyan adalah (1) Peran guru PAI dalam upaya mencegahan paham ekstremisme di MTs Nurussibyan dengan menggunakan pembelajaran all aktif, yaitu guru dan peserta didik untuk aktif dalam pembelajaran. Dengan metode ini guru di MTs Nurussibyan sering melakukan kegiatan seperti diskusi, praktik, dan eksplorasi. Guru juga memberikan berbagai kegiatan atau ekstrakurikuler seperti tahfidz, tilawah, MTQ, rebana, pramuka, futsall, pencak silat dll. yang telah di programkan di sekolah. Yang mana dalam kegiatan tersebut dapat menunjang kegiatan positif peserta didik dalam pencegahan paham ekstremisme di sekolah. (2) Faktor pendukung dalam upaya mencegah paham ekstremisme adalah adanya dukungan dari orang tua kerjasama yang baik antara pihak sekolah serta guru dan masyarakat. Kemauan dari diri sendiri yaitu para siswa yang selalu berpegang teguh pada ajaran islam yang rahmatan lil’alamin. Serta sarana prasarana yang memadai dan para guru (ustadz) yang sudah berkompeten. faktor penghambatnya siswa yang kurang motivasi sehingga kurang bersemangat dalam mengikuti kegiatan keagamaan yang telah diprogramkan oleh pihak sekolah. Serta kemajuan teknologi yang begitu pesat di era globalisasi sekarang ini sehingga memudahkan berbagai segala informasi mudah di dapatkan tanpa adanya pembenaran. Kata Kunci: Peran Guru PAI, Ekstremisme.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (Sarjana S1)) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | ISYA YULISTIAWAN isyayulistiawan777@gmail.com |
Date Deposited: | 09 Oct 2025 04:11 |
Last Modified: | 09 Oct 2025 04:11 |
URI: | http://repository.undaris.ac.id/id/eprint/2162 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |