PUJI DWI ASTUTI, PUJI DWI ASTUTI (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV SD Hj. ISRIATI MOENADI KECAMATAN UNGARAN TIMUR KABUPATEN SEMARANG. Undergraduate (Sarjana S1) thesis, UPT. Perpustakaan Undaris.
![]() |
Text
15. Puji Dwi Astuti-21320037.pdf Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Puji Dwi Astuti, 2025. Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPAS Kelas IV SD Hj. Isriati Moenadi Kecamatan Ungaran Timur Kabupaten Semarang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Darul Ulum Islamic Centre Sudirman GUPPI Ungaran. Pembimbing Utama: Puji Winarti, M. Pd, Pembimbing Pendamping: Atrianing Yessi Wijayanti, M. Pd. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi belajar siswa yang terlihat dari perilaku mereka saat pembelajaran IPAS, hal tersebut ditunjukkan dengan kurangnya perhatian ketika guru menyampaikan materi, serta siswa cenderung pasif dalam kegiatan pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu Adakah Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Materi IPAS Kelas IV SD Hj. Isriati Moenadi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran talking stick terhadap motivasi belajar siswa kelas IV SD Hj. Isriati Moenadi. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan desain Non Equivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini yaitu siswa kelas IV di SD Hj. Isriati Moenadi. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 65 siswa, untuk kelas eksperimen yaitu 33 siswa sedangkan kelas kontrol 32 siswa. Teknik sampling yang digunakan yaitu Cluster Sampling. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 14,15,19, dan 20 Mei 2025 di SD Hj. Isriati Moenadi. Variabel yang diteliti meliputi: model pembelajaran talking stick dan motivasi belajar siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan penelitian yaitu angket untuk mengukur motivasi belajar siswa kelas IV. Pengujian menggunakan korelasi biserial diawali dengan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran talking stick terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPAS kelas IV SD Hj. Isriati Moenadi. Hal ini dapat dibuktikan dengan perolehan nilai thitung (4,465) > ttabel (1,998) maka Ha diterima dan H0 ditolak. Artinya ada pengaruh penggunaan model pembelajaran talking stick terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPAS kelas IV SD Hj. Isriati Moenadi. Kata kunci: Model Talking Stick, Motivasi Belajar, IPAS
Item Type: | Thesis (Undergraduate (Sarjana S1)) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Kependidikan > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | ISYA YULISTIAWAN isyayulistiawan777@gmail.com |
Date Deposited: | 09 Oct 2025 03:01 |
Last Modified: | 09 Oct 2025 03:01 |
URI: | http://repository.undaris.ac.id/id/eprint/2152 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |