JOAN HANNY LOVYTA ALAMANDA, JOAN HANNY LOVYTA ALAMANDA (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN JELAJAH ALAM SEKITAR (JAS) TERHADAP ECOLITERACY SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS III. Undergraduate (Sarjana S1) thesis, UPT. Perpustakaan Undaris.
![]() |
Text
14. Joan Hanny Lovyta Alamanda- 21320041.pdf Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK Joan Hanny Lovyta Alamanda, 2025. Pengaruh Model Pembelajaran Jelajah Alam Sekitar (JAS) Terhadap Ecoliteracy Siswa Pada Mata Pelajaran IPAS Kelas III. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Darul Ulum Islamic Centre Sudirman GUPPI Ungaran, Pembimbing Utama: Dra. Swi Widayati, M.Si, Pembimbing Pendamping: Atrianing Yessi Wijayanti, M.Pd. Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya kesadaran siswa mengenai keadaan lingkungan sekitar yang berakibat pada pemahaman siswa dalam pembelajaran IPAS. Rumusan masalah nya yaitu apakah ada Pengaruh Model Pembelajaran Jelajah Alam Sekitar (JAS) terhadap Ecoliteracy Siswa Mata Pelajaran IPAS kelas III. Jenis penelitian yang digunakan peneliti yaitu kuantitatif eksperimental. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Jelajah Alam Sekitar (JAS) terhadap Ecoliteracy siswa mata pelajaran IPAS kelas III. Jenis penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif eksperimental. Model penelitian ini menggunakan tipe Nonequivalent Control Group Desaign. Populasi penelitian ini yaitu seluruh kelas 3 SDN Karanganyar Gunung 02. Siswa untuk kelas eksperimen yaitu 28 siswa sedangkan kelas kontrol yaitu 28 siswa. Sampel yang digunakan yaitu Cluster Random Sampling dengan sampel 56 siswa pada kelas 3A dan 3C. Penelitian ini dilaksanakan pada tangal 26-28 Mei 2025 di SDN Karanganyar Gunung 02 Semarang. Variabel yang diteliti meliputi: model pembelajaran JAS dan ecoliteracy IPAS. Teknik pengumpulan data yang digunakan penelitian yaitu teknik tes tertulis untuk mengukur ecoliteracy IPAS pada siswa kelas III. Pengujian hipotesis ini menggunakan uji prasyarat berupa uji normalitas dan uji homogenitas yang kemudian dilanjutkan dengan uji t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Jelajah Alam Sekitar (JAS) berpengaruh terhadap ecoliteracy IPAS Pada Siswa Kelas III. Hal ini dapat dibuktikan dengan perolehan hasil uji korelasi dilanjut uji t, yaitu dengan nilai t hitung (3,981) > t tabel (2,004) maka Ha diterima dan H0 ditolak. Artinya ada pengaruh model pembelajaran Jelajah Alam Sekitar (JAS) terhadap ecoliteracy IPAS Pada Siswa Kelas III. Kata kunci: Model Pembelajaran, Jelajah Alam Sekitar , Ecoliteracy IPAS
Item Type: | Thesis (Undergraduate (Sarjana S1)) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Kependidikan > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | ISYA YULISTIAWAN isyayulistiawan777@gmail.com |
Date Deposited: | 09 Oct 2025 02:52 |
Last Modified: | 09 Oct 2025 02:52 |
URI: | http://repository.undaris.ac.id/id/eprint/2151 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |