Dombo Fandi Darojad, Dombo Fandi Darojad (2025) INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI METODE RUQYAH (STUDI KASUS JAM’IYYAH RUQYAH ASWAJA LASKAR JOLOSUTRO PATI). Undergraduate (Sarjana S1) thesis, UPT. Perpustakaan Undaris.
![]() |
Text
14. Dombo Fandi Darojad- 21610049.pdf Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Dombo Fandi Darojad. Internalisasi Nilai-nilai Pendidikan Agama Islam Melalui Metode Ruqyah (Studi Kasus Jam’iyyah Ruqyah Aswaja Laskar Jolosutro Pati), Skripsi, Prodi Pendidikan Agama Islam FAI Undaris 2025. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui nilai-nilai Pendidikan Agama Islam yang terkandung dalam Ruqyah JRA Laskar Jolosutro Pati, (2)Untuk mengetahui proses internalisasi nilai-nilai Pendidikan Agama Islam terhadap pasien ruqyah JRA Laskar Jolosutro Pati. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Sumber data berasal dari data primer dan data sekunder. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan mereduksi data, menyajikan data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan; (1) Nilai-nilai pendidikan Agama Islam yang terkandung dalam ruqyah JRA Laskar Jolosutro Pati adalah nilai akidah, nilai ibadah, dan nilai akhlak. Nilai akidah dalam ruqyah JRA Laskar Jolosutro Pati adalah keimanan yaitu meyakini Al-Quran sebagai As-Syifa’. Adapun nilai ibadah dalam ruqyah JRA Laskar Jolosutro Pati adalah kesabaran, yaitu sabar dalam menerima kondisi sakit yang sedang dialami. Sedangkan nilai akhlak dalam ruqyah JRA Laskar Jolosutro Pati adalah memaafkan, yaitu memberi maaf kepada orang lain yang telah membuat hati kita sakit. (2) Proses internalisasi nilai-nilai pendidikan Agama Islam yang terdapat di JRA Laskar Jolosutro Pati terdiri dari tiga tahapan: pertama yaitu pertaubatan, kedua yaitu pelaksanaan ruqyah dan yang terakhir tahsinatul qolb. Pada tahapan pertama marqi dinasehati dan didakwahi agar bertaubat dan tidak lagi mengulangi kesalahan yang sama. Tahapan kedua marqi diinstruksikan untuk menyimak dan merasakan lantunan ayat suci Al-Quran. Kemudian tahapan akhir yaitu tahsinatul qolb, marqi diberikan penguatan oleh praktisi sebagai bekal perbentengan diri. Kata kunci: Internalisasi, Nilai-nilai Pendidikan Agama Islam, Ruqyah
Item Type: | Thesis (Undergraduate (Sarjana S1)) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | ISYA YULISTIAWAN isyayulistiawan777@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Oct 2025 05:37 |
Last Modified: | 08 Oct 2025 05:37 |
URI: | http://repository.undaris.ac.id/id/eprint/2145 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |