IMPLEMENTASIPEMBELAJARANPENDIDIKANAGAMA ISLAMDANBUDIPEKERTIBERBASISTEKNOLOGIDI ERADIGITAL (Studi Kasus Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Ungaran) Tahun Pelajaran 2024/2025

Ahmad Thoriq Tazkiza, Ahmad Thoriq Tazkiza (2025) IMPLEMENTASIPEMBELAJARANPENDIDIKANAGAMA ISLAMDANBUDIPEKERTIBERBASISTEKNOLOGIDI ERADIGITAL (Studi Kasus Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Ungaran) Tahun Pelajaran 2024/2025. Undergraduate (Sarjana S1) thesis, UPT. Perpustakaan Undaris.

[img] Text
11. Ahmad Thoriq - 21610038.pdf

Download (2MB)
[img] Text
11. Ahmad Thoriq - 21610038.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK AHMAD THORIQ TAZKIZA. Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Teknologi di Era Digital (Studi Kasus Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 2 UNGARAN). Skripsi, Ungaran : Fakultas Agama Islam UNDARIS, 2025. Pendidikan memiliki peranan penting dalam kehidupan manusia sebagai upaya fundamental untuk menciptakan lingkungan belajar yang mendorong siswa untuk aktif. Seiring perkembangan zaman, pembelajaran konvensional semakin kurang diminati, sehingga guru perlu beradaptasi dengan penggunaan teknologi di era saat ini. Pendidikan agama Islam merupakan bagian integral dari sistem pendidikan yang harus terus beradaptasi dengan perkembangan teknologi di era digital. Penelitian ini bertujuan mengetahui perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti berbasis teknologi di era digital. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deksriptif, Dengan pendekatan kualitatif deskriptif, data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, kemudian dianalisis dengan reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Hasil Penelitian menunjukan bahwa (1) Perencanaan pembelajaran dilakukan secara terstruktur dan selaras dengan visi sekolah serta modul ajar, didukung oleh workshop guru untuk meningkatkan kapasitas dalam penggunaan teknologi dan pengembangan pembelajaran. (2) Pelaksanaan melibatkan interaksi aktif siswa menggunakan media digital seperti e-book, video, dan platform kuis (Quizizz, Kahoot, Baamboozle) guna meningkatkan keterlibatan siswa. (3) Evaluasi pembelajaran dilakukan secara sistematis untuk mengukur efektivitas, pemahaman, keterlibatan, dan keterampilan teknologi siswa. Hasilnya digunakan untuk memperbaiki pembelajaran melalui pengembangan modul interaktif, refleksi guru, dan masukan siswa. Kata kunci: Pendidikan Agama Islam, implementasi, teknologi, era digital

Item Type: Thesis (Undergraduate (Sarjana S1))
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ISYA YULISTIAWAN isyayulistiawan777@gmail.com
Date Deposited: 07 Oct 2025 08:37
Last Modified: 07 Oct 2025 08:37
URI: http://repository.undaris.ac.id/id/eprint/2129

Actions (login required)

View Item View Item