PENGARUH KOMPETENSI KOMUNIKATIF GURU TERHADAP ANTUSIASME BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA SISWA KELAS IX MTs TASYMIRUSY SYUBBAN TEDUNAN KECAMATAN KEDUNG KABUPATEN JEPARA

MUHAMMAD ADITYA ROHMAN, MUHAMMAD ADITYA ROHMAN (2025) PENGARUH KOMPETENSI KOMUNIKATIF GURU TERHADAP ANTUSIASME BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA SISWA KELAS IX MTs TASYMIRUSY SYUBBAN TEDUNAN KECAMATAN KEDUNG KABUPATEN JEPARA. Undergraduate (Sarjana S1) thesis, UPT. Perpustakaan Undaris.

[img] Text
12. Muhamad Aditya Rohman - 21310025.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Rohman, Muhammad Aditya. 2023. Pengaruh Kompetensi komunikatif Guru Terhadap Antusiasme Belajar Pendidikan Pancasila Siswa Kelas IX MTs Tasymirusy Syubban Tedunan, Kecamatan Kedung, Kabupaten Jepara. Skripsi, Program Studi Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Darul Ulum Islamic Centre Sudirman GUPPI Ungaran. Pembimbing Utama Dr. Sutomo, M.Pd., Pembimbing Pendamping Dra. Sri Widayati, S.E., M.Si. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya kompetensi komunikatif guru pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila. Rumusan masalah pada penelitian ini adakah pengaruh antara kompetensi komunikatif guru terhadap antusiasme belajar Pendidikan Pancasila siswa kelas IX MTs Tasymirusy Syubban Tedunan, Kecamatan Kedung, Kabupaten Jepara. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kompetensi komunikatif guru terhadap antusiasme belajar Pendidikan Pancasila siswa kelas IX MTs Tasymirusy Syubban Tedunan, Kecamatan Kedung, Kabupaten Jepara. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX MTs Tasymirusy Syubban Tedunan, Kecamatan Kedung, Kabupaten Jepara dengan jumlah populasi 56 siswa. Teknik sampling yang diterapkan adalah cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner untuk mencari data variabel X (kompetensi komunikatif guru) dan Y (antusiasme belajar siswa) sedangkan analisis data menggunakan uji normalitas, uji korelasi, uji regresi, uji determinasi dan uji F, dengan bantuan program SPSS 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kompetensi Komunikatif Guru memiliki korelasi dengan Antusiasme Belajar Pendidikan Pancasila, hal tersebut ditunjukan dengan nilai signifikansi 0,022 < 0,05. Kompetensi komunikatif guru berpengaruh 17,3% ditunjukkan dengan nilai determinasi sebesar 0,173. Kompetensi komunikatif guru juga memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Antusiasme belajar Pendidikan Pancasila hal itu ditunjukan dengan hasil uji F sebesar 5,869 lebih besar dari F tabel sebesar 4,20 atau nilai sig lebih kecil dari alfa 0.05 (0,022< 0.05) Saran yang peneliti ajukan antara lain; kepala sekolah lebih memperhatikan pola komunikasi guru kepada siswa seperti dengan membimbing dan memfasilitasi kegiatan pembinaan kompetensi guru khususnya kompetensi komunikatif; Guru lebih memperhatikan kompetensi komunikatifnya, dengan terus melakukan evaluasi, refleksi serta meningkatkan kompetensi komunikatifnya. Kata kunci: Kompetensi Komunikatif Guru, dan Antusiasme belajar Pendidikan Pancasila

Item Type: Thesis (Undergraduate (Sarjana S1))
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Kependidikan > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: ISYA YULISTIAWAN isyayulistiawan777@gmail.com
Date Deposited: 07 Oct 2025 08:02
Last Modified: 07 Oct 2025 08:02
URI: http://repository.undaris.ac.id/id/eprint/2128

Actions (login required)

View Item View Item