Hawin Dini, Hawin Dini (2025) PENGARUH HARGA, PROMOSI DAN PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi Kasus pada Tahu Serasi Bu Khotijah Bandungan). Undergraduate (Sarjana S1) thesis, UPT. Perpustakaan Undaris.
![]() |
Text
17. HAWIN 18510108.pdf Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Tahu Serasi Bu Khotijah merupakan salah satu usaha dagang yang bergerak di bidang usaha makanan yaitu tahu. Perkembangan Tahu Serasi Bu Khotijah yang kurang berkembang dari pada toko tahu lainnya hal ini di duga karena di sebabkan oleh harga yang tidak konsisten karena mengikuti harga bahan baku dipasaran, promosi yang di jalankan kurang tepat sasaran dan produk yang kurang banyak pilihan variannya sehingga kosumen merasa bosan dengan pilihan produk yang tidak berubah-ubah sehingga berpengaruh terhadap keputusan pembelian di Tahu Serasi Bu Khotijah. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah harga, promosi dan produk berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh harga, promosi dan produk terhadap keputusan pembelian di Tahu Serasi Bu Khotijah. Penelitian ini menggunakan teori harga dari Kotler dan Armstrong (2015), bahwa harga yang tidak stabil dapat memengaruhi persepsi konsumen terhadap suatu produk. Selain itu, promosi yang tidak tepat sasaran akan mengurangi efektivitas komunikasi pemasaran Daud (2013), dan keterbatasan variasi produk dapat mengurangi minat beli konsumen Kotler & Keller (2016). Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik pengambilan sempel menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel diperoleh sebanyak 96 responden merujuk pada rumus martanti. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang diolah menggunkaan SPSS versi 24. Pengujian data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi uji korelasi, uji regresi, koefisien determinasi. Selanjutnya pengujian hipotesis menggunakan uji t dan uji f. Harga, promosi dan produk bersama-sama memiliki hubungan terhadap keputusan pembelian dengan nilai koefisien korelasi masing-masing untuk harga 0,719 , promosi 0,829 , produk 0,839 yang apabila di interprestasikan memiliki arti hubungan kuat untuk harga terhadap keputusan pembelian, promosi dan produk memiliki hubungan sangat kuat terhadap keputusan pembelian. Harga, promosi dan produk juga memiliki pengaruh positif terhadap keputusan pembelian dengan nilai koefisien regresi masing-masing untuk harga 0,842, promosi 0,929 dan produk 0,917. Hasil uji hipotesis menunjukan harga tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian dengan hasil perhitungan nilai t hitung 0,737< t tabel 1,986, promosi memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian dengan hasil perhitungan nilai t hitung 5,441>t tabel 1,986, produk berpengaruh terhadap keputusan pembelian dengan hasil perhitungan nilai t hitung 5,573> t tabel 1,986. Sedangkan hasil pengujian secara simultan harga, promosi dan produk secara bersama-sama memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian dengan hasil perhitungan nilai F hitung 114,969 > F tabel 2,70. Dari hasil nilai koefisien determinasi secara simultan harga, promosi dan produk terhadap keputusan pembelian mampu menerangkan sebesar 78,3%. Kata kunci :harga, promosi, produk dan keputusan pembelian
Item Type: | Thesis (Undergraduate (Sarjana S1)) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Manajemen |
Depositing User: | ISYA YULISTIAWAN isyayulistiawan777@gmail.com |
Date Deposited: | 26 Apr 2025 07:47 |
Last Modified: | 26 Apr 2025 07:47 |
URI: | http://repository.undaris.ac.id/id/eprint/1890 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |