Penggunaan Augmented Reality (AR) dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 2 Ungaran

Serani, Serani (2025) Penggunaan Augmented Reality (AR) dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 2 Ungaran. Undergraduate (Sarjana S1) thesis, UPT. Perpustakaan Undaris.

[img] Text
6. Serani Daraliestya- 21610003.pdf

Download (307kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan mengkaji penggunaan Teknologi Augmented Reality (AR) dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di tingkat SMA, mengingat rendahnya minat siswa akibat metode yang kurang interaktif. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif melalui observasi dan wawancara dengan siswa, guru PAI, dan Waka Kurikulum. Hasil menunjukkan bahwa AR mampu meningkatkan pemahaman, minat, dan partisipasi siswa melalui visualisasi interaktif yang menarik serta interaksi aktif antara guru dan siswa. Faktor pendukungnya meliputi akses Wi-Fi dan ketertarikan siswa terhadap teknologi, sedangkan kendalanya adalah kebutuhan perangkat, koneksi internet, dan penguasaan teknologi oleh guru. Kesimpulannya, AR merupakan inovasi efektif dalam meningkatkan kualitas dan pengalaman belajar PAI secara lebih interaktif

Item Type: Thesis (Undergraduate (Sarjana S1))
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ISYA YULISTIAWAN isyayulistiawan777@gmail.com
Date Deposited: 26 Apr 2025 06:55
Last Modified: 26 Apr 2025 06:55
URI: http://repository.undaris.ac.id/id/eprint/1885

Actions (login required)

View Item View Item