Salsabila Al-Afifah Al-Maftuhah, Salsabila Al-Afifah Al-Maftuhah (2025) NALISIS METODE PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DALAM PEMAHAMAN PELAJARAN PAI SISWA KELAS 11 DI SMA NEGERI 2 UNGARAN TAHUN 2024/2025. Undergraduate (Sarjana S1) thesis, UPT. Perpustakaan Undaris.
![]() |
Text
2. Salsabila al afifah maftuhah 20161006 .pdf Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK SALSABILA AL-AFIFAH AL-MAFTUHAH. Analisis Metode Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Pemahaman Pelajaran PAI Siswa Kelas 11 di SMA Negeri 2 Ungaran Tahun 2024/2025. Skripsi. Ungaran Prodi Pendidikan Agama Islam FAI UNDARIS, 2025. Pembelajaran berdiferensiasi merupakan pembelajaran yang menjadi perhatian khusus dalam Kurikulum Merdeka. Pembelajaran berdiferensiasi memenuhi kebutuhan belajar sesuai dengan gaya belajar dan minat siswa. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengetahui bagaimana konsep diferensiasi dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas 11. (2) Perbedaan antara metode konvensional dan metode diferensiasi. (3) Tantangan dan hambatan dalam metode diferensiasi dalam pemahaman mata pelajaran PAI di kelas 11. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Sumber data berasal dari data primer dan sekunder. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis datanya dengan cara mengumpulkan data, mereduksi data, memaparkan data, dan mengambil kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan : (1) Konsep diferensiasi yang diterapkan dalam pembelajaran PAI di kelas 11 dimana guru meramu persiapan pembelajaran dengan metode diferensiasi mencakup diferensiasi konten, proses, dan produk. Dengan melakukan asesmen diagnostik atau asesmen awal di awal pembelajaran, maka guru memetakan gaya belajar dan pemahaman siswa lalu membuat modul ajar diferensiasi sesuai dengan kebutuhan siswa. (2) Perbedaan antara metode diferensiasi dan metode konvensional mencakup karakteristik pembelajaran, pendekatan pembelajaran, peran guru, penilaian hasil belajar, pengorganisasian atau pengelolaan kelas, materi dan sumber belajar, kecepatan penyerapan dalam pembelajaran, keterlibatan siswa, dan tujuan pembelajaran. (3) Tantangan dan hambatan dalam pembelajaran dengan metode diferensiasi terletak pada persiapan pembelajaran dan pengelolaan kelas. Kata kunci : Diferensiasi, pembelajaran Pendidikan Agama Islam
Item Type: | Thesis (Undergraduate (Sarjana S1)) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | ISYA YULISTIAWAN isyayulistiawan777@gmail.com |
Date Deposited: | 26 Apr 2025 05:18 |
Last Modified: | 26 Apr 2025 05:18 |
URI: | http://repository.undaris.ac.id/id/eprint/1881 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |