Aprilia Dwi Cahyani, Aprilia Dwi Cahyani (2024) ANALISIS SWOT SEBAGAI STRATEGI MENINGKATKAN DAYA SAING BISNIS TERHADAP MINAT BELI MINUMAN DEGAN JUMBO DI KABUPATEN TEMANGGUNG. Undergraduate (Sarjana S1) thesis, UPT. Perpustakaan Undaris.
![]() |
Text
15. Aprilia Dwi Cahyani_ 20510030.pdf Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK Minuman segar kontemporer adalah area komersial yang telah mendapatkan banyak perhatian belakangan ini. Bisnis minuman Degan Jumbo merupakan salah satu bisnis minuman kekinian yang berbahan dasar kelapa muda yang berada di kabupaten Temanggung yaitu lebih tepatnya berlokasi di Jl. Sri Suwarno No.9, Banyurip Tengah, Banyurip kecamatan Temanggung, Kabupaten Temanggung. Banyaknya bisnis minuman yang bergerak di bidang sejenis dan menghasilkan produk yang serupa di Kabupaten Temanggung membuat daya saing dan minat beli konsumen di bisnis minuman Degan Jumbo Temanggung belum maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor internal dan eksternal terkait permasalahan yang terjadi dan menentukan strategi yang tepat untuk mengatasi permasalahan yang dialami bisnis minuman Degan Jumbo di Temanggung. Jenis penelitian ini penelitian kualitatif. Sampel dalam penelitian diambil menggunakan teknik probability sampling yaitu dengan narasumber berjumlah 25 orang yang terdiri dari 1 pemilik, 4 pegawai, 16 kosumen, 2 pesaing dan 2 suplier kelapa muda. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dokumentasi yang ada di bisnis minuman Degan Jumbo di Temanggung dan didukung dengan studi literatur yang berhubungan topik yang sama. Dalam penelitian ini menggunakan metode analisis SWOT, yang digunakan untuk mengembangkan potensi pada organisasi serta untuk mengetahui faktor internal maupun faktor eksternal organisasi. Hasil analisis SWOT yang telah di lakukan pada bisnis minuman Degan Jumbo di Temanggung dapat di ketahui bahwa nilai IFAS yaitu Strengts (kekuatan) 1,84, Threats (kelemahan) 0,74, sedangkan EFAS yaitu Opportunity (peluang) 1,02, Weakness (ancaman) 1,3. Matriks SWOT bisnis minuman Degan Jumbo di Temanggung berada pada sel ST (3,14) yang memperoleh nilai paling besar diantara SO (2,86), WO (1,76), dan WT (2,04) . Bisnis minuman Degan Jumbo di Temanggung berada diposisi kuadran II yang berarti mempunyai banyak ancaman dibandingkan peluang namun mempunyai banyak kekuatan pada sumberdaya internal. Strategi yang sesuai untuk perusahaan yang berada pada kuadran II adalah strategi Integrasi horizontal, Diversifikasi Konsentris dan Joint Venture . Implemtasi yang dapat diterpakan oleh bisnis minuman Degan Jumbo Temanggung yaitu bisa mengeluarkan varian rasa yang belum ada di menu seperti , mangga, atau stroberi untuk memberikan tambahan variasi dan menarik konsumen yang menginginkan rasa yang lebih berbeda dari sebelumnya, dan bisa dengan memasarkan produk minuman kelapa muda atau variannya melalui kerja sama dengan kafe atau restoran yang fokus pada makanan sehat. Kata kunci: Analisis SWOT, Daya saing, Kepuasan konsumen, Kualitas produk, Harga, Lokasi, Minat beli
Item Type: | Thesis (Undergraduate (Sarjana S1)) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Manajemen |
Depositing User: | ISYA YULISTIAWAN isyayulistiawan777@gmail.com |
Date Deposited: | 26 Apr 2025 04:58 |
Last Modified: | 26 Apr 2025 04:58 |
URI: | http://repository.undaris.ac.id/id/eprint/1879 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |