PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, KEPERCAYAAN DAN SOCIAL MEDIA MARKETING TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN (Studi Kasus Pada Dream Rent Car di Kota Semarang)

Kurniawan, Dany (2025) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, KEPERCAYAAN DAN SOCIAL MEDIA MARKETING TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN (Studi Kasus Pada Dream Rent Car di Kota Semarang). Undergraduate (Sarjana S1) thesis, UNDARIS.

[img] Text
8. DANY (20510006).pdf

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Kota Semarang sebagai salah satu pusat bisnis dan destinasi wisata utama di Pulau Jawa, menyajikan peluang besar bagi usaha rental mobil. Namun, di tengah persaingan yang semakin ketat, strategi pemasaran yang efektif menjadi faktor kunci untuk memenangkan persaingan dan memperluas pangsa pasar. Keberhasilan dalam merancang dan menerapkan strategi pemasaran yang tepat akan berdampak langsung pada peningkatan loyalitas pelanggan dalam jangka Panjang. Dream Rent Car merupakan salah satu rental mobil di Semarang yang menghadapi tantangan dalam mempertahankan loyalitas pelanggannya dan meningkatkan posisinya di pasar. Menciptakan pelanggan yang loyal dapat dicapai melalui beberapa faktor. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh dari faktor-faktor yang diduga dapat mempengaruhi loyalitas pelanggan yaitu kualitas pelayanan, kepercayaan, dan social media marketing. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh kualitas pelayanan, kepercayaan, dan social media marketing terhadap loyalitas pelanggan. Penelitian ini merupakan explanatory research dengan pendekatan kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan asosiatif dengan teknik pengambilan data menggunakan kuesioner. Sampel penelitian ini adalah konsumen Dream Rent Car dengan jumlah sampel 100 responden. Analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi, regresi, uji determinasi, uji hipotesis dengan uji t dan uji F. Hasil analisa menunjukkan nilai thitung variabel Kualitas Pelayanan adalah sebesar (5.151) > ttabel (1.661) dan nilai signifikan (0,000 < 0,05) yang artinya bahwa Kualitas Pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel Loyalitas Pelanggan. Variabel Kepercayaan menghasilkan nilai thitung sebesar (4.556) > ttabel (1.661) dan nilai signifikan (0,000 < 0,05) yang artinya bahwa variabel Kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan. Variabel Social Media Marketing menghasilkan nilai thitung sebesar (4.648) > ttabel (1.661) dan nilai signifikan (0,000 < 0,05) yang artinya bahwa variabel Social Media Marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel Loyalitas Pelanggan. Dari pengujian semua variabel independen secara simultan diperoleh nilai Fhitung (52.738) > Ftabel sebesar (3,09) dengan tingkat signifikan (0,000 < 0,05), maka menunjukkan bahwa variabel Kualitas Pelayanan, Kepercayaan, dan Social Media Marketing secara simultan berpengaruh signifikan terhadap variabel Loyalitas Pelanggan. Hasil uji koefisien determinasi dapat diketahui besarnya nilai determinasi (Adjusted R Square) hasil hitungnya adalah sebesar 0.611. Nilai tersebut menunjukkan bahwa Kualitas Pelayanan, Kepercayaan, Social Media Marketing dalam penelitian ini mampu menjelaskan variabel Loyalitas Pelanggan, sebesar 61,1% dimana sisanya yaitu sebesar 38,9% dijelaskan oleh faktor lain diluar penelitian ini. Kunci: Kualitas Pelayanan, Kepercayaan, Social Media Marketing dan Loyalitas Pelanggan

Item Type: Thesis (Undergraduate (Sarjana S1))
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Manajemen
Depositing User: ISYA YULISTIAWAN isyayulistiawan777@gmail.com
Date Deposited: 24 Apr 2025 05:18
Last Modified: 24 Apr 2025 05:18
URI: http://repository.undaris.ac.id/id/eprint/1869

Actions (login required)

View Item View Item