Ramandhani, Aisyah (2024) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN DADU BERCERITA TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI PADA SISWA KELAS V SD NEGERI WRINGINPUTIH 01 KECAMATAN BERGAS KABUPATEN SEMARANG. Undergraduate (Sarjana S1) thesis, UNDARIS.
![]() |
Text
5. Aisyah Ramandhani- 20320001.pdf Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Ramandhani, Aisyah, 2025. Pengaruh Media Pembelajaran Dadu Bercerita Terhadap Keterampilan Menulis Karangan Narasi Pada Siswa Kelas V SD Negeri Wringinputih 01 Kecamatan Bergas Kabupaten Semarang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Darul Ulum Islamic Centre Sudirman GUPPI Ungaran. Pembimbing Utama : Atrianing Yessi W, M.Pd, Pembimbing Pendamping : Nimas Puspitasari, M.Pd.3 Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan menulis karangan narasi pada siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Rumusan masalahnya yaitu apakah terdapat pengaruh media pembelajaran dadu bercerita terhadap keterampilam menulis karangan narasi pada siswa kelas V SD N Wringinputih 01. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada dan tidaknya pengaruh media pembelajaran dadu bercerita terhadap keterampilam menulis karangan narasi pada siswa kelas V SD N Wringinputih 01. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif eksperimen. Penelitian dilakukan di SD Negeri Wringinputih 01 dan SD Negeri Wringinputih 02. Variabel yang diteliti meliputi media dadu bercerita dan keterampilan menulis karangan narasi. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas V yang berjumlah 57. Siswa kelompok eksperimen adalah kelas V SD Negeri Wringinputih 01 yang berjumlah 30 siswa sedangkan siswa kelompok kontrol adalah SD Negeri Wringinputih 02 yang berjumlah 27 siswa. Teknik sampling yang digunakan yaitu Teknik Sampling Jenuh. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes untuk mengukur keterampilan menulis karangan narasi. Pengujian hipotesis menggunakan uji t , dimana data sudah dilakukan uji normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh media dadu bercerita terhadap keterampilan menulis karangan narasi pada siswa kelas V SD Negeri Wringinputih 01. Hal ini dibuktikan dengan perolehan hasil uji hipotesis dengan rumus uji t yaitu nilai thitung > ttabel (3,231 > 2,0040) maka Ha diterima dan Ho ditolak. Artinya ada pengaruh Penggunaan Media Dadu Bercerita Terhadap Keterampilan Menulis Karangan Narasi Pada Siswa Kelas V SD Negeri Wringinputih 01 Kecamatan Bergas Kabupaten Semarang. Kata kunci : Media Dadu Bercerita, Keterampilan Menulis Karangan Narasi
Item Type: | Thesis (Undergraduate (Sarjana S1)) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Kependidikan > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | ISYA YULISTIAWAN isyayulistiawan777@gmail.com |
Date Deposited: | 24 Apr 2025 04:53 |
Last Modified: | 24 Apr 2025 04:53 |
URI: | http://repository.undaris.ac.id/id/eprint/1867 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |