ANALISIS IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA MATA PEMBELAJARAN IPAS DI KELAS V SD NEGERI BULAN SELOPAMPANG KABUPATEN TEMANGGUNG

Sri Wahyu Utari, Sri Wahyu Utari (2024) ANALISIS IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA MATA PEMBELAJARAN IPAS DI KELAS V SD NEGERI BULAN SELOPAMPANG KABUPATEN TEMANGGUNG. Undergraduate (Sarjana S1) thesis, UNDARIS.

[img] Text
4. Sri Wahyu Utari_NIM.20320022.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Utari, Sri Wahyu, 2024. Analisis implementasi kurikulum merdeka pada mata pembelajaran IPAS di kelas V SD Negeri Bulan Selopampang Temanggung. Skripsi, Program Studi Pendididkan Guru Sekolah Dasar . Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Darul Ulum Islamic Centre Sudirman GUPPI Ungaran. Pembimbing Utama: Puji winarti, M.Pd. Pembimbing pendamping : Nimas Puspitasari, M.Pd. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran berbasis projek melalui P5, fokus pada materi esensial, dan fleksibel bagi guru dan peserta didik dimana hal tersebut digunakan dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka dalam pembelajaran IPAS . Fokus penelitian ini adalah analisis implementasi kurikulum dalam pembelajaran IPAS. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan secara rinci tentang imlementasi kurikulum merdeka pada mata pembelajaran IPAS di SD Negeri Bulan Selopampang Temanggung. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Satuan analisis pada penelitian ini adalah impelemntasi kurikulum merdeka, sumber data yang di gunakan dalam penelitian ini yaitu data primer dan sekunder dimana data primer yang dinakan adalah informasi guru kelas V melalui penerapan pembelajaran IPAS, data sekunder yang dipakai adalah sumber tertulis seperti buku, perangkat pembelajaran serta dokumen” Penelitian ini menggunakan triangulasi teknik dengan tiga sumber yang berbeda yaitu wawancara,observasi, dan dokumentasi , pengecekan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Wawancara di gunakan untuk mencari data mengenai implementasi kurikulum merdeka. Teknik observasi di gunakan untuk mencari data implementasi kurikulum merdeka pada mata pembelajaran IPAS.Sedangkan teknik dokumentasi digunakan untuk mendapatkan informasi berupa dokumen RPP, modul ajar, ATP, CP, serta foto dokumentasi pelaksanaan penelitian Data di peroleh dari guru kelas V. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasaan, di tinjau dari tiga aspek implementasi kurikulum merdeka yaitu pembelajaran berbasis projek melalui penguatan profil pelajar pancasila, fokus pada materi esensial, dan fleksibilitas bagi guru dan peserta didik maka dapat disimpulkan bahwa implementasi kurikulum merdeka pada mata pembelajaran IPAS di SD Negeri Bulan Selopampang Temanggung dikatakan baik dalam proses pembelajaran IPAS. Kata kunci: implementasi kurikulum merdeka , IPAS

Item Type: Thesis (Undergraduate (Sarjana S1))
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Kependidikan > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: ISYA YULISTIAWAN isyayulistiawan777@gmail.com
Date Deposited: 23 Apr 2025 06:54
Last Modified: 23 Apr 2025 06:54
URI: http://repository.undaris.ac.id/id/eprint/1865

Actions (login required)

View Item View Item