Wahyu Setyowati, Wahyu Setyowati (2025) PENGARUH KONTEN INFLUENCER, CHATBOT, DAN KEBIJAKAN PENGEMBALIAN PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA MARKETPLACE SHOPEE DI KABUPATEN. Undergraduate (Sarjana S1) thesis, UNDARIS.
![]() |
Text
2. Wahyu Setyowati_21510023.pdf Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK Internet telah berkembang menjadi suatu gaya hidup bagi masyarakat. Penggunaannya pun tidak terbatas hanya untuk mendapatkan dan mengakses informasi saja, namun untuk memenuhi berbagai macam kebutuhan. Tidak dapat dipungkiri bahwa perkembangan sistem teknologi dan juga informasi memberikan pengaruh yang besar terhadap perilaku konsumen. Perilaku konsumen adalah suatu kegiatan yang berkaitan dengan proses pembelian barang/jasa dimana menjadi suatu dasar bagi konsumen untuk membuat keputusan pembelian. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh konten influencer, chatbot, dan kebijakan pengembalian produk terhadap keputusan pembelian konsumen pada Marketplace Shopee di Kabupaten Semarang Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan asosiatif dengan teknik pengambilan data menggunakan kuesioner. Penelitian ini adalah seluruh orang di wilayah Kabupaten Semarang yang memiliki aktivitas berbelanja melalui shopee.dengan jumlah sampel 96 responden. Analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi, regresi, uji determinasi, uji hipotesis dengan uji t dan uji f. Hasil analisa menunjukkan nilai thitung variabel konten influencer adalah sebesar (4.082) > ttabel (1.986) dan nilai signifikan (0,000 < 0,025) yang artinya bahwa konten influencer berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel keputusan pembelian konsumen. Variabel chatbot menghasilkan nilai thitung sebesar (3.314> ttabel (1.986) dan nilai signifikan (0,001<0,025) yang artinya bahwa variabel chatbot berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen. Variabel kebijakan pengembalian produk menghasilkan nilai thitung sebesar (3.949) > ttabel (1.986) dan nilai signifikan (0,000<0,025) yang artinya bahwa variabel kebijakan pengembalian produk berpengaruh signifikan terhadap variabel Keputusan pembelian konsumen. Dari pengujian semua variabel independen secara simultan diperoleh nilai Fhitung (24.520) > Ftabel sebesar (2,47) dengan tingkat signifikan (0,000>0,05), maka menunjukkan bahwa variabel konten influencer, chatbot dan kebijakan pengembalian produk simultan berpengaruh signifikan terhadap variabel keputusan pembelian konsumen pada Marketplace Shopee di Kabupaten Semarang. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa variabel konten influencer, chatbot dan kebijakan pengembalian produk berpengaruh secara parsial dan secara simultan terhadap keputusan pembelian konsumen Pada Marketplace Shopee di Kabupaten Semarang Kunci : konten influencer, chatbot, kebijakan pengembalian produk dan keputusan pembelian
Item Type: | Thesis (Undergraduate (Sarjana S1)) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Manajemen |
Depositing User: | ISYA YULISTIAWAN isyayulistiawan777@gmail.com |
Date Deposited: | 23 Apr 2025 04:41 |
Last Modified: | 23 Apr 2025 04:41 |
URI: | http://repository.undaris.ac.id/id/eprint/1860 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |