STRATEGI BISNIS BERBASIS ANALISIS SWOT (Studi Pada GF Parfume di Kabupaten Semarang)

Pranoto, Supalal (2025) STRATEGI BISNIS BERBASIS ANALISIS SWOT (Studi Pada GF Parfume di Kabupaten Semarang). Undergraduate (Sarjana S1) thesis, Fakultas Ilmu Budaya.

[img] Text
Skripsi Supalal Pranoto 2025 (2).pdf

Download (1MB)
[img] Text
Jurnal Supalal Pranoto 2025.pdf

Download (338kB)

Abstract

ABSTRAK GF Parfume pada awalnya hanya usaha peracik parfum, namun seiring berjalannya waktu dan banyaknya permintaan konsumen, akhirnya pada tahun 2010 usaha ini diubah menjadi bisnis isi ulang parfum yang mempunyai toko. Bisnis yang bergerak pada bidang jasa ini merupakan bisnis yang memberikan pelayanan utama berupa jasa isi ulang parfum yang beralamat di Jalan S. Parman, Paren, Sidomulyo, Ungaran Timur, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Permasalahan yang dihadapi GF Parfume adalah bagaimana cara mengetahui posisi kuadran GF Parfume dengan analisis SWOT dan menyusun strategi bisnis yang tepat untuk diterapkan pada bisnis GF Parfume di Kabupaten Semarang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui posisi bisnis berdasarkan Analisis SWOT dan menetapkan strategi yang tepat untuk bisnis GF Parfume di Kabupaten Semarang. Metode penelitian menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Metode deskriptif adalah penelitian yang melukiskan, mengambarkan, atau memaparkan keadaan objek yang diteliti sebagai apa adanya, sesuai dengan situasi dan kondisi ketika penelitan tersebut dilakukan. Metode penelitian kualitatif adalah penelitian yang berlandaskan pada filsafat positivisme, digunakan untuk meneliti pada populasi atau sampel tertentu. Populasi dan pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling. Didalam penelitian ini sampel yang dipilih terdiri dari 10 informan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik research dan teknik triangulasi, serta kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan yaitu Matriks IFAS, Matriks EFAS, Matriks SWOT dan diagram analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa GF Parfume berada diposisi kuadran I yang terletak pada titik (0,4; 0,3) dengan sumbu X = 2,0 menjelaskan nilai tentang kekuatan dan 1,6 menjelaskan nilai tentang kelemahan yang artinya hasilnya positif, sedangkan pada sumbu Y = 1,9 menjelaskan nilai tentang peluang dan 1,6 menjelaskan nilai tentang ancaman yang hasilnya positif. Artinya bahwa kekuatan sudah bisa menutupi segala kekurangan yang ada. Sedangkan perbandingan peluang dengan ancaman menunjukkan dengan segala peluang yang ada dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya, maka segala ancaman akan bisa teratasi dan situasi yang sangat menguntungkan. Perusahaan memiliki peluang dan kekuatan sehingga dapat memanfaatkan peluang yang ada. Strategi yang harus diterapkan dalam kondisi ini adalah strategi kerjasama melalui Integrasi vertikal dan strategi ekspansi pasar melalui diversifikasi konglomerat. Kata kunci: Strategi Bisnis, Analisis SWOT

Item Type: Thesis (Undergraduate (Sarjana S1))
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Manajemen
Depositing User: . Dimas Triatmaja
Date Deposited: 21 Apr 2025 08:32
Last Modified: 21 Apr 2025 08:32
URI: http://repository.undaris.ac.id/id/eprint/1855

Actions (login required)

View Item View Item