RINDA, UTAMI PUTRI (2024) PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK TERHADAP KREATIVITAS SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS V DI SDN SIDOMULYO 04. Undergraduate (Sarjana S1) thesis, UNDARIS.
![]() |
Text
13. RINDA.pdf Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK Putri, Rinda Utami. 2024. Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Kreativitas Siswa Pada Mata Pelajaran IPAS Kelas V Di SDN Sidomulyo 04. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Darul Ulum Islamic Centre Sudirman GUPPI Ungaran. Pembimbing Utama: Nimas Puspitasari, M.Pd., Pembimbing Pendamping: Ridha Sarwono, S. Sn., M.Pd. Penelitian ini dilatarbelakangi dari permasalahan yang ditemukan di SDN Sidomulyo 04 yaitu rendahnya kreativitas siswa dibuktikan dari hasil observasi siswa kurang responsif terhadap umpan balik yang diberikan oleh guru atau rekan sekelas mereka. Guru kurang memfasilitasi pembelajaran yang dapat meningkatkan kreativitas siswa dengan itu maka dilakukan penelitian ini, yang bertujuan mengetahui Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Kreativitas Siswa Pada Mata Pelajaran IPAS Kelas V Di SDN Sidomulyo 04. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimental design dengan rancangan penelitian menggunakan non-equivalent control group design. Semua siswa kelas V SDN Sidomulyo 04 merupakan populasi. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VA sebanyak 24 orang (kelas experimental) dan 24 siswa kelas VB (kelas kontrol) yang dipilih menggunakan teknik Cluster random sampling. Teknik pengumpulan data berupa observasi kreativitas siswa saat pembelajaran. Data sebelum dianalisis dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan homogenitas kemudian dilakukan Teknik analisis data dengan uji korelasi biserial dan uji t. Hasil dilakukan uji t, nilai t hitung = 14.90 > t tabel pada tingkat signifikansi 0.05 = 2, 013, yang menunjukkan bahwa hubungan ini signifikan secara statistik. Hal ini memberikan informasi bahwa hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. yang artinya model Pembelajaran Berbasis Proyek berpengaruh terhadap Kreativitas Siswa Pada Mata Pelajaran IPAS Kelas V Di SDN Sidomulyo 04. Kata kunci : Kreativitas, Pembelajaran Berbasis Proyek
Item Type: | Thesis (Undergraduate (Sarjana S1)) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Kependidikan > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | . Dimas Triatmaja |
Date Deposited: | 25 Nov 2024 08:47 |
Last Modified: | 25 Nov 2024 08:47 |
URI: | http://repository.undaris.ac.id/id/eprint/1805 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |