RISMA, BUDI KURNIASARI (2024) ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENGERJAKAN SOAL MATEMATIKA PADA MATERI KPK DAN FPB SISWA KELAS V SDN SIDOMULYO 04 KECAMATAN UNGARAN TIMUR. Undergraduate (Sarjana S1) thesis, UNDARIS.
![]() |
Text
12. RISMA FINALLY LULUS.pdf Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK Risma. 2024. Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Kpk dan Fpb Siswa Kelas 5 SDN Sidomulyo 04 Kecamatan Ungaran Timur. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Darul Ulum Islamic Centre Sudirman Guppi Ungaran. Pembimbing Utama Sri Widayati, M. Si., Pembimbing Pendamping Yogi Ageng Sri Legowo, M. Pd Penelitian ini dilatarbelakangi oleh, peserta didik mengalami kesulitan dalam mengerjakan soal KPK FPB apabila soal KPK dan FPB disajikan dalam bentuk soal narasi. Fokus masalah dalam penelitian ini adalah menganalisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal matematika pada materi KPK dan FPB. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kesulitan siswa dalam meyelesaikan soal matematika pada materi KPK dan FPB. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan jenis penelitian kualitatif dengan subjek penelitian siswa kelas 5 yang berjumlah 49 siswa terdiri dari 24 siswa kelas 5A dan 25 siswa kelas 5B, serta Guru kelas 5 SDN Sidomulyo 04. Instrumen penelitian yang digunakan adalah soal tes kemampuan pemecahan masalah, lembar observasi pembelajaran KPK FPB, lembar wawancara guru dan siswa. Diperoleh hasil penelitian bahwa 32 siswa dari 49 siswa mengalami kesulitan perhitungan aljabar dalam mengerjakan soal narasi KPK dan FPB, siswa menganggap bahwa pembagian merupakan hal yang sulit, dalam penentuan data relevan 31 siswa merasa kesulitan. Siswa kelas 5 masih kesulitan dalam mengidentifikasi soal narasi, mereka masih kesulitan dalam membedakan mana soal KPK dan mana soal FPB. Dalam penerapan rumus KPK maupun FPB, rata rata siswa kelas 5 sudah bisa dan bisa menerapkan, hanya saja apabila mereka tidak bisa mengidentifikasi soal KPK dan FPB mereka kesulitan dalam menerapkan rumus, dan nantinya siswa tidak bisa mengerjakan. Hal tersebut dapat mempengaruhi hasil pengerjaan siswa dalam mengerjakan soal narasi KPK dan FPB. Kata kunci : Kesulitan Belajar Matematika, Materi KPK FPB
Item Type: | Thesis (Undergraduate (Sarjana S1)) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Kependidikan > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | . Dimas Triatmaja |
Date Deposited: | 25 Nov 2024 08:44 |
Last Modified: | 25 Nov 2024 08:44 |
URI: | http://repository.undaris.ac.id/id/eprint/1804 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |