TAFAOZISOKHI, GAHO (2024) ANALISIS NILAI-NILAI KARAKTER DIMENSI PROFIL PELAJAR PANCASILA PADA PEMBELAJARAN PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DI SDN SIDOMULYO 04. Undergraduate (Sarjana S1) thesis, UNDARIS.
![]() |
Text
11. TAFAOZISOKHI GAHO_20320066_ANALISIS NILAI-NILAI KARAKTER DIMENSI PROFIL PELAJAR PANCASILA PADA PE.pdf Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK Tafaozisokhi Gaho. 2024. Analisis Nilai-Nilai Karakter Dimensi Profil Pelajar Pancasila Pada Pembelajaran Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Di SDN Sidomulyo 04. Skripsi, program studi pendidikan Pendidiakn Guru Sekolah Dasar, Fakustas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Darul Ulum Islamic Centre Sudirman GUPPI Ungaran. Pembimbing utama: Drs. H. Abdul Karim, M.H, pembimbing pendamping Ridha Sarwono, S.Sn. M.Pd. Konteks penelitian ini adalah karakter dan perilaku siswa yang semakin merosot karena beebagai faktor salah satunya kurang biajk dalam menggunakan IPTEK, ketidak jujuran siswa, malas belajar, perundungan, dan tidak menghargai teman atau guru. Fokus penelitiannya adalah untuk menganalisis nilai-nilai karakter dimensi profil pelajar pancasila pada pembelajaran projek penguatan profil pelajar pancasila di SDN Sidomulyo 04. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan nilai-nilai karakter dimensi profil pelajar pancasila pada pembelajaran projek penguatan profil pelajar pancasila di SDN Sidomulyo 04. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode diskripsi. Lokasi penelitian ini di SDN Sidomulyo 04 di Jalan Letjen Suprapto No.39 Sidomulyo Kec. Ungaran Timur Kab. Semarang yang dilaksanakan pada tanggal 03-06 Agustus 2024. Peneliti berperan mengumpulkan data dengan menggunakan metode wawancara dan observasi. Satuan analisis dalam penelitian ini yaitu untuk menganalisis nilai-nilai karakter dimensi profil pelajar pancasila pada pembelajan P5. Penelitian ini menggunakan teknik analisi data model interaktif yang kemudian di keabsahannya menggunakan triangulasi sumber. Tahap-tahap penelitian ini meliputi identifikasi masalah, penelusuran pustaka, menentukan tujuan, pengumpulan data, analisi dan interpretasi data, pelaporan. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa siswa telah memiliki dan mewujudkan nilai-nilai karakter dimensi prosfil pelajar pancasila pada pembelajaran projek penguatan profil pelajar pancasila melalui dimensi ”beriman bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia., bergotong-royong., kreatif”. Kata kunci: Nilai-nilai karakter, dimensi profil pelajar pancasila, pembelajaran P5
Item Type: | Thesis (Undergraduate (Sarjana S1)) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Kependidikan > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | . Dimas Triatmaja |
Date Deposited: | 25 Nov 2024 08:39 |
Last Modified: | 25 Nov 2024 08:39 |
URI: | http://repository.undaris.ac.id/id/eprint/1803 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |