PERAN GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS I SDIT ASSALAMAH DESA BANDARJO KECAMATAN UNGARAN BARAT KABUPATEN SEMARANG

SRI, LESTARI (2024) PERAN GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS I SDIT ASSALAMAH DESA BANDARJO KECAMATAN UNGARAN BARAT KABUPATEN SEMARANG. Undergraduate (Sarjana S1) thesis, UNDARIS.

[img] Text
8. TARI REVISI SIDANG.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Lestari, Sri. 2024. Peran Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Matematika pada Siswa Kelas I SDIT Assalamah Desa Bandarjo Kecamatan Ungaran Barat Kabupaten Semarang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Darul Ulum Islamic Centre Sudirman GUPPI. Pembimbing Utama: Drs.Abdul Karim,M.H, Pembimbing Pendamping: Ridha Sarwono, M.Pd. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh Matematika menjadi momok yang menakutkan bagi siswa. Siswa selalu bosan dan mudah jenuh dalam pembelajaran matematika. Terdapat anak yang belum lancar membaca dan menulis, sehingga pemahaman mereka terkait soal khususnya soal-soal cerita operasi hitung masih kurang. Bentuk kesulitannya, anak tidak memahami soal-soal cerita sehingga dalam penyelesaian soal masih perlu banyak bimbingan. Peran guru adalah memberikan bantuan dan pendampingan khusus pada anak-anak tersebut. Guru juga memilih metode dan model pembelajaran yang tepat untuk memfasilitasi keberagaman kemampuan siswa. Rumusan masalahnya yaitu: 1) Bagaimana bentuk-bentuk kesulitan yang dialami siswa Kelas I SDIT Assalamah Desa Bandarjo Kecamatan Ungaran Barat Kabupaten Semarang? 2) Bagaimana peran guru dalam mengatasi kesulitan belajar matematika pada siswa Kelas I SDIT Assalamah Desa Bandarjo Kecamatan Ungaran Barat Kabupaten Semarang? Penelitian bertujuan untuk: 1) mengetahui bentuk-bentuk kesulitan yang dialami siswa Kelas I SDIT Assalamah Desa Bandarjo Kecamatan Ungaran Barat Kabupaten Semarang, 2) mengetahui peran guru dalam mengatasi kesulitan belajar matematika pada siswa Kelas I SDIT Assalamah Desa Bandarjo Kecamatan Ungaran Barat Kabupaten Semarang. Penelitian ini merupakan metode penelitian kualitatif. Desaian penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, analisis data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan dalam penelitian ini yaitu bentuk-bentuk kesulitan yang dialami siswa Kelas I SDIT Assalamah Desa Bandarjo Kecamatan Ungaran Barat Kabupaten Semarang yaitu siswa sulit memahami materi yang dijelaskan oleh guru, kesulitan memahami konsep matematika, kesulitan memahami simbol-simbol dan kesulitan berhitung dalam penjumlahan ataupun pengurangan. Peran guru dalam mengatasi kesulitan belajar matematika pada siswa Kelas I SDIT Assalamah Desa Bandarjo Kecamatan Ungaran Barat Kabupaten Semarang dilakukan dengan: 1) menggunakan media pembelajaran yang menarik, 2) guru melakukan pendampingan terhadap siswa untuk menyelesaikan soal, 3) menciptakan kondisi dan situasi yang nyaman selama kegiatan pembelajaran matematika, 4) guru memberikan motivasi terhadap siswa yang mengalami kesulitan belajar. Kata kunci: Peran Guru, Kesulitan Belajar Matematika

Item Type: Thesis (Undergraduate (Sarjana S1))
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Kependidikan > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: . Dimas Triatmaja
Date Deposited: 25 Nov 2024 08:30
Last Modified: 25 Nov 2024 08:30
URI: http://repository.undaris.ac.id/id/eprint/1800

Actions (login required)

View Item View Item