PENGARUH MODEL LEARNING CYCLE TIPE 5E TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA SISWA KELAS VIII SMP N 3 SURUH KECAMATAN SURUH KABUPATEN SEMARANG

EKA, NOVIANA (2024) PENGARUH MODEL LEARNING CYCLE TIPE 5E TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA SISWA KELAS VIII SMP N 3 SURUH KECAMATAN SURUH KABUPATEN SEMARANG. Undergraduate (Sarjana S1) thesis, UNDARIS.

[img] Text
6.FINISH SKRIPSI EKA 2024.pdf

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK Eka Noviana. 2024. Pengaruh Pembelajaran Model Learning Cycle Tipe 5E Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Pancasila Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Suruh. Skripsi, Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Darul Ulum Islamic Centre Sudirman GUPPI Ungaran. Pembimbing Utama: Dra. Sri Widayati, M.Si., Pembimbing Pendamping: Alil Rinenggo S.Pd., M.Pd. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penggunaan model pembelajaran yang kurang tepat yang dapat menimbulkan kebosanan, kurang dipahami dan monoton sehingga siswa kurang termotivasi untuk belajar dan rendahnya hasil belajar siswa. Salah satu model yang afektif dalam proses pembelajaran Pendidikan Pancasila yaitu Model Learning Cycle Tipe 5E. Rumusan masalah penelitian yaitu adakah pengaruh Model Learning Cycle Tipe 5E terhadap hasil belajar Pendidikan Pancasila siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Suruh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Learning Cycle Tipe 5E terhadap hasil belajar Pendidikan Pancasila siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Suruh. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian kuantitatif dengan menggunakan model Quasi Eksperimental Design atau eksperimen semu dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian yakni seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Suruh Kecamatan Suruh, Kabupaten Semarang. Sampel dipilih dengan teknik sampling jenuh, ukuran sampel berjumlah 64 siswa (32 siswa di kelas eksperimen dan 32 siswa di kelas kontrol). Penelitian ini dilakukan pada tanggal 7 Agustus 2024 sampai 22 Agustus 2024 semester gasal tahun ajaran 2024/2025 di SMP Negeri 3 Suruh. Variabel-variabel yang diteliti yaitu Model Learning Cycle Tipe 5E dan hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data penelitian ini yaitu dengan tes untuk mengukur hasil belajar Pendidikan Pancasila. Data sebelum dianalisis dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas kemudian dilakukan teknik analisis data dengan uji korelasi biserial dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh Model Learning Cycle Tipe 5E terhadap hasil belajar Pendidikan Pancasila siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Suruh. Hal ini dibuktikan dengan perolehan uji t yaitu dengan thitung lebih besar dari ttabel (10,254 > 1,999) maka H0 ditolak dan Ha diterima. Artinya terdapat pengaruh Pembelajaran Model Learning Cycle Tipe 5E Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Pancasila Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Suruh. Kata Kunci: Model Pembelajaran Pendidikan Pancasila, Learning Cycle Tipe 5E, Hasil Belajar Siswa

Item Type: Thesis (Undergraduate (Sarjana S1))
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Kependidikan > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: . Dimas Triatmaja
Date Deposited: 25 Nov 2024 04:31
Last Modified: 25 Nov 2024 04:31
URI: http://repository.undaris.ac.id/id/eprint/1798

Actions (login required)

View Item View Item