PUTRI, CAMILLA (2024) PENGARUH PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VII SMP NEGERI 4 UNGARAN KABUPATEN SEMARANG. Undergraduate (Sarjana S1) thesis, UNDARIS.
![]() |
Text
5. FIX SKRIPSI 2024 - Putri Camilla(1)-1.pdf Download (6MB) |
Abstract
ABSTRAK Camilla, Putri. 2024. Pengaruh Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Ungaran Kabupaten Semarang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Darul Ulum Islamic Centre Sudirman GUPPI Ungaran. Pembimbing Utama: Dr. Sutomo, S.Pd., M.Pd., Pembimbing Pendamping: Alil Rinenggo, S.Pd., M.Pd. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran. Rumusan masalahnya yaitu Adakah Pengaruh Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis ada atau tidaknya Pengaruh Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Ungaran Kabupaten Semarang Tahun Ajaran 2023/2024. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas VII A dan VII B SMP Negeri 4 Ungaran Kabupaten Semarang Tahun Ajaran 2023/2024. Dengan jumlah populasi 67 siswa. Teknik sampling yang digunakan yaitu sampel jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumen, sedangkan analisis data menggunakan uji normalitas, teknik korelasi, uji determinasi, persamaan dan uji signifikansi regresi, serta uji F dengan bantuan program SPSS 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila memiliki korelasi dengan Kemampuan Berpikir Kritis, ditunjukkan dengan analisis korelasi sebesar 0,592>0,339 (t tabel). Proyek penguatan profil pelajar Pancasila memiliki adil 35,1% ditunjukkan dengan nilai determinasi sebesar 0,351. Selain itu Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila juga memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis siswa, hal ini ditunjukkan pada hasil uji F sebesar 35,135 > 3,988 (F tabel) dengan Sig 0,000<0,05. Saran yang peneliti berikan antara lain: 1) Guru disarankan untuk mengatur waktu pelaksanaan proyek dengan lebih efisien. Hal tersebut dapat dilakukan dengan menetapkan batas waktu yang jelas untuk setiap tahap proyek dan membagi proyek menjadi bagian-bagian yang lebih kecil. Dengan demikian siswa dapat menyelesaikan tugas dalam waktu yang lebih singkat, sehingga mengurangi rasa jenuh; serta 2) Siswa disarankan untuk membentuk kelompok diskusi atau forum belajar di luar jam pelajaran. Siswa dapat saling berbagi ide, mendiskusikan topik yang mereka pelajari, dan bekerja sama dalam menyelesaikan proyek. Dengan adanya forum, siswa dapat merasa lebih terhubung dengan teman-teman mereka, yang dapat mengurangi rasa jenuh. Kata kunci: Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, Kemampuan Berpikir Kritis.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (Sarjana S1)) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Kependidikan > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | . Dimas Triatmaja |
Date Deposited: | 25 Nov 2024 04:27 |
Last Modified: | 25 Nov 2024 04:27 |
URI: | http://repository.undaris.ac.id/id/eprint/1797 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |